PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS V SDN III SUCI KECAMATAN PRACIMANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Oleh :
Heru Setiawan
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SDN III Suci melalui penerapan alat bantu pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN III Suci yang berjumlah 20 siswa. Sumber data berasal dari siswa, tempat berlangsungnya pembelajaran, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Prosedur penelitian adalah model yang saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses prasiklus bersifat konvensional sehingga hasil belajar siswa rendah. Peningkatan hasil belajar terjadi pada siklus I sebesar 55% walaupun belum maksimal hasilnya. Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok meningkat dibanding pada siklus I yaitu sebesar 80% sehingga mendukung terjadinya suatu pembelajaran yang berkualitas. Simpulan penelitian ini adalah penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SDN III Suci tahun pelajaran 2011/2012. Kata kunci: LOMPAT JAUH, Penerapan alat bantu pembelajaran, Hasil belajar lompat jauh gaya jongkok.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.