PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK AL FAJRU COLOMADU KARANGANYAR
Oleh :
Fatikhatul Musawiriyanti
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Al Fajru Colomadu Semester II tahun pelajaran 2011/2012 melalui permainan-permainan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK Al Fajru Colomadu yang berjumlah 14 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Tekhnik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi langsung, tes dan analis dokumen. Validitas data menggunakan tekhnik trianggulasi metode. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus masih kurang menarik perhatian anak sehingga peningkatan membaca permulaan anak masih rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I peningkatan membaca permulaan siswa melalui permainan media gambar meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan peningkatan membaca permulaan sehingga anak dapat membaca permulaan dengan baik melalui permainan media gambar. Simpulan penelitian ini adalah melalui permainan-permainan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Al Fajru Colomadu Semester II tahun pelajaran 2011/2012. Kata kunci : membaca permulaan, permainan, media, gambar

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.