PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TUNGGAL DAN KATA KUNCI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TLOBO II, JATIYOSO, KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011/2012
Oleh :
Fitri Wijayanti
ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan: (1) kualitas proses pembelajaran menulis puisi yaitu minat dan motivasi siswa saat kegiatan pembelajaran, keaktifan siswa saat apersepsi, serta keaktifan dan perhatian siswa saat mengikuti pelajaran; (2) kualitas hasil pembelajaran menulis puisi melalui pengungkapan ide/gagasan, pemilihan kata, dan rima melalui penerapan media gambar tunggal dan kata kunci. Jenis penelitian adalah tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas, dan melibatkan partisipasi siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Tlobo II, Jatiyoso, Karanganyar yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan: (a) observasi, (b) analisis dokumen, (c) wawancara, (d) tes dan nontes. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi. Tahap perencanaan, meliputi: (1) membuat skenario pembelajaran, (2) mempersiapkan sarana pembelajaran, (3) mempersiapkan instrumen penelitian, dan (4) mengadakan simulasi penerapan media gambar tunggal dan kata kunci pada pembelajaran menulis puisi. Pada tahap pelaksanaan, guru melaksanakan pembelajaran menulis puisi dengan menerapkan media gambar tunggal dan kata kunci. Tahap observasi dilakukan dengan cara mengamati dan menginterpretasikan penggunaan media gambar tunggal dan kata kunci pada pembelajaran menulis puisi. Tahap analisis dan refleksi dilakukan dengan menganalisis data hasil observasi dan interpretasi sehingga diperoleh kesimpulan bagian yang sudah mencapai tujuan dan yang perlu diperbaiki. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar tunggal dan kata kunci dapat meningkatkan proses menulis puisi siswa. Peningkatan proses pembelajaran ditandai dengan meningkatnya: (a) jumlah siswa yang berminat dan memiliki motivasi saat kegiatan pembelajaran, (b) jumlah siswa yang aktif selama apersepsi, (c) jumlah siswa yang menunjukkan keaktifan dan perhatian saat mengikuti pelajaran. Sedangkan peningkatan hasil pembelajaran menulis puisi ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai nilai batas tuntas pembelajaran menulis puisi, yaitu: (a) siklus I (16 siswa atau 53,3 %), (b) siklus II (22 siswa atau 73,3 %), (c) siklus III (25 siswa atau 83,3 %). Kata kunci: menulis, puisi, media, gambar tunggal, kata kunci.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.