PENINGKATAN PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT
Oleh :
Ambeg Tabahana Prawisma
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatan proses apresiasi cerita pendek menggunakan media audio visual; dan (2) meningkatkan hasil pembelajaran apresiasi cerita pendek menggunakan media audio visual pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kebakkramat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kebakkramat yang berjumlah 36 siswa. Data yang digunakan dalam penelitain ini adalah apresiasi cerita pendek. Sementara itu, untuk sumber data, yang diambil dari (1) informan, (2) tempat, peristiwa, dan perilaku, dan (3) dokumen yang berhubungan dengan masalah penelitian. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data di atas meliputi observasi, angket, teknik tes, teknik wawancara, dan teknik dokumen. Teknik analisis pengumpulan data, yakni mengunakan analisis model interaktif. Dikatakan berhasil apabila siswa mencapai ketuntasan 80% dari indikator yang diinginkan. Prosedur yang digunakan adalah (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran apresiasi cerita pendek pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kebakkramat dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut terbukti dari peningkatan beberapa indikator berikut: (1) meningkatnya keaktifan siswa selama mengikuti kegiatan apersepsi, yaitu 66% pada siklus I dan meningkat hingga 80% pada siklus II, (2) meningkatnya keaktifan siswa selama mengikuti kegiatan belajar-mengajar, yaitu 72% pada siklus I dan meningkat hingga 83% pada siklus II, (3) meningkatnya keberanian siswa untuk mengemukakan hasil pekerjaanya dalam forum diskusi yang dibuka guru, yaitu 50% pada siklus I dan meningkat hingga77% pada siklus II, dan (4) meningkatnya nilai ketuntasan siswa dari pratindakan 36%, siklus I 69%, meningkat di siklus II menjadi 80%, dan setelah diadakan remidi meningkat hingga 97%.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.