PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 6 PLUPUH SRAGEN
Oleh :
Totok Saputro
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 6 Plupuh Sragen dengan subjek siswa kelas VIII B yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitian adalah kemampuan menulis puisi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Proses pembelajaran menulis puisi dilaksanakan dalam tiga siklus yang tiap siklusnya meliputi empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan interpretasi, serta (4) analisis dan refleksi. Tahap perencanaan tindakan meliputi: (a) menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan instrumen penelitian, (b) merancang skenario pembelajaran menulis puisi dengan menerapkan model CTL, dan (c) menyusun sistem penilaian yang meliputi penilaian proses dan hasil. Tahap pelaksanaan peneliti mengadakan pengamatan apakah tindakan yang telah dilakukan dapat mengatasi masalah yang ada. Selain itu, pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data yang diolah untuk menentukan tindakan selanjutnya. Tahap observasi dilakukan peneliti dengan mengamati dan menginterpretasikan penerapan model CTL dalam pembelajaran menulis puisi serta mengolah data untuk mengetahui peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis puisi siswa dengan model CTL tersebut, juga untuk mengetahui kelemahan yang mungkin muncul. Tahap analisis dan refleksi dilakukan peneliti dengan menganalisis data hasil observasi dan interpretasi sehingga diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat: (1) peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis puisi ditandai dengan meningkatnya: (a) keaktifan siswa selama apersepsi, (b) minat dan motivasi siswa saat mengikuti kegiatan pembelajaran menulis puisi (c) keaktifan dan perhatian siswa saat guru menyampaikan materi, dan (2) peningkatan kualitas hasil pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 6 Plupuh Sragen. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata menulis siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu: (a) pada siklus I sebanyak 13 siswa atau 45% dengan nilai ratarata 66, (b) pada siklus II sebanyak 19 siswa atau 65% dengan nilai rata-rata 73, dan (c) pada siklus III sebanyak 25 siswa 86% dengan nilai rata-rata 79,7 telah mencapai batas nilai ketuntasan yang ditetapkan, yaitu 65. Kata kunci: Menulis Puisi, Contextual Teaching And Learning(CTL)

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.