PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS MATERI SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SDN KAYUAPAK 01 POLOKARTO SUKOHARJO TAHUN 2011/2012
Oleh :
Dewi Nuraeni
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPS materi sekitar Proklamasi Kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Kayuapak 01 Polokarto Sukoharjo Tahun 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Kayuapak 01 Tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 14 siswa terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data yang diperoleh peneliti yaitu Sumber data Primer yaitu dari para siswa, guru, kepala sekolah SD Negeri Kayuapak 01. Sumber data sekunder meliputi arsip/dokumen, dan hasil observasi oleh guru kelas sendiri. Penerapan Metode Sosiodrama dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa pada pra siklus, siklus I,dan siklus II. Nilai rata-rata kelas yaitu sebelum tindakan sebesar 60,93; siklus I naik menjadi 69,68 dan pada siklus II naik menjadi 77,79. Pada Pra siklus, 1 siswa memiliki motivasi tinggi, motivasi sedang 6 siswa dan motivasi rendah 7 orang. Siklus I, 7 siswa memiliki motivasi tinggi dan 7 siswa mendapat motivasi sedang/ cukup. Kemudian siklus II, siswa yang memiliki motivasi sedang ada 2 siswa, motivasi tinggi ada 10 siswa, dan 2 siswa memiliki motivasi sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran sosiodrama dapat meningkatkan motivasi belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Kayuapak 01 Polokarto Sukoharjo Tahun 2011/2012.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.