PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I SIDOKARTO KECAMATAN GIRIMARTO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2012/2013)
Oleh :
Elfida Rofi’ah Riyanto
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan hasil belajar IPS materi Masalah Sosial pada siswa kelas IV SD Negeri I Sidokarto Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahap, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan kajian dokumen. Validitas data menggunakan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif, dengan langkah-langkah antara lain: pengolahan, penyajian, analisis, penyimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata - rata kelas pada pratindakan adalah 58 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 33,33%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,14 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 73,33%. Pada siklus II, nilai rata rata kelas meningkat lagi menjadi 80,25 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,33%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV SD Negeri I Sidokarto Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Masalah Sosial pada siswa kelas IV SD Negeri I Sidokarto Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.