ANALISIS LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN RENTABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA PDAM SUKOHARJO PERIODE 1999-2001
Oleh :
Lilis Suparti

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan laporan keuangan PDAM Kabupaten Sukoharjo, yaitu: (1) apakah perusahaan mampu membayar hutang-hutangnya tepat pada waktunya? (2) Apakah perusahaan mampu menghasilkan laba selama periode tersebut? (3) Apakah perusahaan mampu untuk menjamin hutang-hutangnya jika perusahaan dilikuidasi?

Data yang diperoleh penulis dari PDAM Kabupaten Sukoharjo dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, pengumpulan dokumen-dokumen yang ada dalam perusahaan yang berkaitan dengan laporan keuangan periode 1999 - 2001.

Dari data yang dilakukan analisis terhadap rasio keuangan seperti likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas pada PDAM Kabupaten Sukoharjo, terhadap laporan keuangan yang meliputi neraca dan laporan laba/rugi. Hasil dari analisis terhadap rasio likuiditas adalah ilikuid hal ini dikarenakan tingkat current ratio dari tahun ke tahun selalu menurun dan total hutang lancar lebih besar dari total aktiva lancar. Tingkat rasio solvabilitas menunjukkan keadaan yang solvable dan tingkat rasio rentabilitas selalu menurun, jadi perusahaan selalu menderita kerugian dan belum memperoleh keuntungan. Sedikit saran dari penulis supaya perusahaan mengoptimalkan penagihan piutang usaha untuk memperbesar total aktiva lancar guna memperkecil penyisihan piutang usaha dengan begitu dapat meningkatkan current ratio dan perusahaan dapat menjamin kewajiban finansial jangka pendek.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.