HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KARYAWAN TENTANG KEMAMPUAN MANAJERIAL PIMPINAN, MOTIVASI KERJA DENGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MENDUKUNG PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PT. TAINESIA JAYA WONOGIRI TAHUN 2007
Oleh :
Niken Dyah Prameswari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara: (1) Persepsi karyawan tentang kemampuan manajerial pimpinan dengan faktor-faktor yang mendukung produktivitas kerja karyawan PT. Tainesia Jaya Wonogiri tahun 2007, (2) Motivasi kerja dengan faktor-faktor yang mendukung produktivitas kerja karyawan PT. Tainesia Jaya Wonogiri tahun 2007, (3) Persepsi karyawan tentang kemampuan manajerial pimpinan, motivasi kerja secara bersama-sama dengan faktor-faktor yang mendukung produktivitas kerja karyawan PT. Tainesia Jaya Wonogiri tahun 2007.    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan PT. Tainesia Jaya Wonogiri yang berjumlah 60 orang karyawan. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan cara undian dan sampel penelitian berjumlah 36 orang karyawan. Teknik pengumpulan data utama untuk  persepsi karyawan tentang kemampuan manajerial pimpinan, motivasi kerja dan  faktor-faktor yang mendukung produktivitas kerja karyawan menggunakan angket dan didukung dengan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik dengan teknik kolerasi dan regresi ganda. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan keberartian serta uji independensi.

              Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara persepsi karyawan tentang kemampuan manajerial pimpinan dengan faktor-faktor yang mendukung produktivitas kerja karyawan PT. Tainesia Jaya Wonogiri tahun 2007, karena diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,410 > 0,329, (2) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan faktor-faktor yang mendukung produktivitas kerja karyawan PT. Tainesia Jaya Wonogiri tahun 2007, karena diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,401 > 0,329, (3) Ada hubungan yang signifikan antara persepsi karyawan tentang kemampuan manjerial pimpinan, motivasi kerja secara bersama-sama dengan faktor-faktor yang mendukung produktivitas kerja karyawan PT. Tainesia Jaya Wonogiri tahun 2007, dengan koefisien kolerasi 0,4968.

              Untuk uji keberartian korelasi ganda dilakukan uji F dengan db = 2 dan dk = 33 diperoleh Fhit > Ftabel  yaitu 5,407 > 3,190. Persamaan garis regresinya yaitu Y = 34,242 + 0,184X1 + 0,159X2.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.