TERPAAN SINETRON, ABG, TEMAN PERGAULAN, UANG SAKU DAN GAYA HIDUP HEDONISME
Oleh :
Dian Purworini

Semakin maraknya penayangan sinetron remaja di berbagai media televisi menjadikan alasan dipilihnya permasalahan diatas. Terlepas dari kebiasaan meniru, mendaur ulang, mengadaptasi sinetron lain yang menjadi ciri sinetron kita, ada berbagai hal yang dapat dijadikan alasan mengapa sinetron remaja kini ramai ditayangkan di televisi. Paling tidak, sinetron –sinetron remaja sekarang dapat menjawab dan memuaskan tuntutan selera remaja. Disamping itu, tayangan sinetron remaja telah membuat publik remaja sebagai penonton, merasa “dekat” dengan tema-tema atau cerita-cerita yang ditampilkan dalam sinetron tersebut.

Menyoal selera remaja terhadap tayangan sinetron remaja di televisi kita secara psikologis dapat dijelaskan bahwa remaja memang membutuhkan tontonan yang bercerita seputar kehidupan dan liku-liku kehidupan mereka. Selain itu, remaja juga membutuhkan tontonan tentang fenomena yang berkembang dalam kehidupan remaja itu sendiri. Maka tidak mengherankan jika kehadiran sinetron remaja menjadi suatu hal yang sangat dinantikan oleh remaja.

Penelitian ini bertujuan hendak mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara terpaan sinetron ABG, teman pergaulan, uang saku dengan gaya hidup hedonisme di kalangan pelajar SMU Negeri 7 Surakarta.

Tipe penelitian ini yaitu tipe eksplanatory, yaitu penelitian yang bertujuan untuk membuktikan hipotesis yang telah diajukan dengan menggunakan metode survey. Responden dari penelitian ini yaitu siswa SMU Negeri 7 Surakarta dengan pertimbangan bahwa pelajar di SMU Negeri 7 Surakarta juga mempunyai potensi untuk bergaya hidup hedonisme seperti layaknya remaja lain. Teknik sampling dilakukan melalui random sampling (pengambilan sampel acak proposional) dengan ukuran sampel sebesar 91 orang pelajar. Data diukur secara ordinal dan analisa data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman’s.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara terpaan sinetron ABG yang ditayangkan di RCTI dengan gaya hidup hedonisme (rs=0,235 pada dimana semakin tinggi terpaan seseorang terhadap sinetron ABG yang diatayangkan di RCTI maka akan semakin tinggi pula gaya hidup hedonismenya. Teman pergaulan juga mempunyai hubungan yang signifikan dengan gaya hidup hedonisme (rs=0,226 pada), sedang uang saku juga terbukti mempunyai hubungan yang signifikan dengan gaya hidup hedonisme (rs=0,230 pada) dimana semakin tinggi uang saku seseorang maka semakin tinggi pula gaya hidup hedonismenya.

Melihat hasil dari penelitian tersebut tentu perlu adanya peningkatan kualitas media dalam menyajikan sinetron remaja. Maka dari itu, disarankan kepada media televisi untuk terus berusaha menampilkan tema yang lebih berbobot dan mendidik disamping juga tetap mengacu pada tujuan utamanya yaitu memberikan tayangan yang menghibur bagi remaja. Selain itu, remaja juga disarankan untuk mempunyai kontrol diri yang kuat terhadap pengaruh sinetron yang mereka tonton, teman pergaulannya serta lebih bijaksana dalam menggunakan uang sakunya.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.