ANALISIS PENGARUH BIAYA DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. TUPAI ADYAMAS INDONESIA DI BOYOLALI
Oleh :
Wahyu Ari Mardani

Pada hakekatnya keberhasilan perusahaan tergantung pada ketepatan manajemen dalam mengambil keputusan untuk menunjang keberhasilan perusahaan tersebut. Manajemen sangat membutuhkan data informasi yang lengkap, akurat serta relevan terhadap masalah yang dihadapi. Perkembangan perusahaan pada umumnya dihadapkan pada suatu masalah yaitu pemasaran. Hal ini disebabkan karena semakin banyaknya perusahaan sejenis yang muncul. Untuk itu perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor yang berhubungan dengan pemasaran, antara lain: produk, promosi, harga dan saluran distribusinya.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya distribusi dan promosi terhadap volume penjualan dan untuk mengetahui variabel mana yang memberikan pengaruh paling besar terhadap volume penjualan pada PT TUPAI ADYAMAS INDONESIA di Boyolali.

Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara satu variabel dependen dengan dua atau lebih variabel independen. Uji F berguna untuk menguji apakah variabel bebas tersebut secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat. Uji t berguna untuk menguji apakah masing-masing variabel bebas tersebut mempengaruhi variabel terikat.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel independen berpengaruh positif terhadap volume penjualan. Dari hasil tersebut diketahui bahwa variabel X2 yaitu biaya promosi memberikan pengaruh paling dominan, nilai koefisien yang dihasilkan adalah 1341.209 ini berarti jika biaya promosi naik sebesar Rp 1,- maka volume penjualan aka bertambah sebesar Rp 1341,209,-. Nilai koefisien X1 yaitu biaya distribusi sebesar 816.351 ini berarti jika biaya distribusi naik sebesar Rp 1,- maka volume penjualan akan bertambah sebesar Rp 816,351,- . Dari uji t yang dilakukan pada biaya distribusi diperoleh t hitung sebesar 3.270 dan t tabel sebesar 1.960 dan pada biaya promosi diperoleh t hitung sebesar 3.454 dan t tabel sebesar 1.960 pada tingkat kepercayaan 0,05. Dari uji F yang dilakukan diperoleh hasil F hitung sebesar 377.173 dan F tabel sebesar 3,92. Ini berarti bahwa kedua variabel independen secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan. Koefisien determinasi sebesar 0.930 digunakan untuk mengetahui prosentase pengaruh variabel independen terhadap perubahan variabel dependen, yang berarti bahwa 93% volume penjualan dapat dijelaskan oleh variabel biaya distribusi dan biaya promosi, sedang sisanya 7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi.

Berdasarkan keterangan di atas saran penulis adalah perusahaan pakaian jadi PT Tupai Adyamas Indonesia sebaiknya lebih meningkatkan biaya promosi yang dapat memberikan pengaruh paling besar terhadap volume penjualan dan memperhatikan biaya distribusi sehingga lebih efisien. Selain itu untuk meningkatkan volume penjualan, PT Tupai Adyamas Indonesia hendaknya memperluas daerah pemasaran baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.