PENGGUNAAN IMPLIKATUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI PURWOSUMAN 02 SIDOHARJO SRAGEN
Oleh :
Anjar Setianingsih
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) bentuk implikatur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I di Sekolah Dasar Negeri Purwosuman 02, Sidoharjo, Sragen, (2) penggunaan implikatur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I di SD Negeri Purwosuman 02, Sidoharjo, Sragen, (3) keterkaitan penggunaan implikatur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I di Sekolah Dasar Negeri Purwosuman 02, Sidoharjo, Sragen dengan maksim sopan santun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data ini adalah tindak tutur guru dan siswa pada saat berlangsungnya proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Purwosuman 02, Sidoharjo, Sragen. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, analisis dokumen, dan wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan data yang akan dipilih dan dianalisis Validitas data menggunakan trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya bentuk penggunaan implikatur, penggunaan implikatur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan keterkaitan penggunaan implikatur dengan maksim kesopanan. Penggunaan implikatur tersebut ditemukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kalas 1 Sekolah Dasar Negeri Purwosuman 02 Sragen. Bentuk penggunaan implikatur yang paling banyak ditemukan dan terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kalas 1 Sekolah Dasar Negeri Purwosuman 02 Sragen dalam bentuk kalimat khususnya kalimat tanya. Kalimat tanya digunakan untuk bertanya kepada pendengar (dalam hal ini guru bertanya kepada murid). Kalimat tanya yang ditemukan berupa kalimat tanya yang menyatakan keterangan. Penggunaan implikatur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kalas 1 Sekolah Dasar Negeri Purwosuman 02 Sragen menggunakan kalimat berbahasa Indonesia. Siswa dapat menerima kalimat yang mengandung implikatur dengan baik. Walaupun usia siswa yang masih kecil, Guru berusaha mengembangkan kreativitas penalaran siswa dengan penggunaan implikatur. Keterkaitan penggunaan implikatur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kalas 1 Sekolah Dasar Negeri Purwosuman 02 Sragen dengan maksim kesopanan hanya beberapa maksim saja yang ditemukan dalam analisis data di atas. Maksim kesopanan yang ditemukan ialah maksim pujian dan maksim simpati.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.