CERITA RAKYAT DEWI LANJAR DI DESA TEGALSARI KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL PROPINSI JAWA TENGAH (SEBUAH TINJAUAN RESEPSI SASTRA)
Oleh :
Sri Anisah

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pola struktur dan sudut pandang masyarakat untuk menghayati cerita rakyat terutama cerita rakyat lisan,yang merupakan salah satu karya sastra folklor sebagai pewarisan yang turun temurun untuk generasi ke generasi berikutnya sampai jaman sekarang. Cerita rakyat Dewi Lanjar yang ditradisikan dengan penyelenggaraan upacara sedekah laut nelayan.

Permasalahan yang diambil dari pengkajian dan penelitian Cerita Rakyat Dewi Lanjar 1) Bagaimanakah struktur Cerita Rakyat Dewi Lanjar yang ditradisikan dengan penyelenggaraan upacara sedekah laut nelayan. 2) Bagaimana tanggapan atau sikap penghayatan masyarakat terhadap Cerita Rakyat Dewi Lanjar dan upacara sedekah laut nelayan. 3) Manfaat apa saja yang diambil dari Cerita Rakyat Dewi Lanjar dalam penyelenggaraan upacara sedekah laut nelayan, dalam pembagian aspek-aspek sosial pada masyarakat sekarang ini.

Tujuan penelitian untuk mengetahui unsur-unsur yang membangun karya sastra Cerita Rakyat Dewi Lanjar yang meliputi tema, amanat, alur, latar, dan penokohan. Juga untuk membahas tradisi upacara sedekah laut nelayan yang menjadi tradisi Tegalsari Jongor.

Sumber penelitian Cerita Rakyat Dewi Lanjar diambil secara lisan dan mengambil dokumen dalam penyelenggaraan upacara sedekah laut nelayan, sedangkan datanya adalah meliputi unsur-unsur intrinsik maupun ekstrinsik. Teknik pengumpulan data dari informasi melalui buku-buku, wawancara dan dokumen foto, sedangkan teknik analisis data struktur dan sebuah tinjauan resepsi sastra.

Kesimpulan Cerita Rakyat Dewi Lanjar dari segi struktur mempunyai tema untuk mencari kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat untuk menghormati roh leluhur yang berhubungan dengan tradisi upacara sedekah laut nelayan. Amanat yaitu dalam kehidupan di dunia hendaknya manusia saling berinteraksi dengan lainnya. Faktor sosial budaya seseorang menghayati sebuah Cerita Rakyat Dewi Lanjar yang mempunyai khas sendiri dalam perkembangannya. Cerita Rakyat Dewi Lanjar fungsi cerita, yakni sebagai fungsi sarana untuk mengukuhkan tempat-tempat keramat yang ada di darat maupun laut, sebagai alat pengesahan pranata-pranata dan lembaga sosial masyarakat tradisional, berfungsi sebagai proyeksi pencerminan angan-angan masyarakat, berfungsi sebagai alat untuk mendidik : 1) Mendidik agar selalu ingat pada Tuhan Yang Maha Esa. 2) Mendidik manusia untuk berbudi luhur. 3) Menghargai orang lain dan tidak sombong. Juga fungsi Cerita Rakyat Dewi Lanjar sebagai sarana hiburan untuk mengembangkan seni budaya, dan untuk menambah pendapatan masyarakat.

Dengan adanya pengembangan dalam karya sastra lisan dalam Cerita Rakyat Dewi Lanjar maka bisa diambil kesimpulan dan saran bahwa untuk lanjut agar bisa dikaji kebenarannya.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.