EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW YANG DIMODIFIKASI DENGAN KEGIATAN LABORATORIUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID PADA SISWA KELAS II SEMESTER 2 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2004/2005
Oleh :
Suprihatin
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif Jigsaw yang dimodifikasi dengan kegiatan laboratorium terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sistem koloid pada siswa kelas II semester 2 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2004/2005. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2004/2005 semester 2, yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Diperoleh kelas II-3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 42 siswa dan kelas II-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsaw yang dimodifikasi dengan kegiatan laboratorium. Sedangkan kelas kontrol diberi pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional (kegiatan laboratorium yang dilanjutkan ceramah). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dengan jenis tes obyektif, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik uji t satu pihak (kanan). Dari hasil perhitungan statistik diperoleh harga t hitung = 2,07 lebih besar dari t tabel = 1,67 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw yang dimodifikasi dengan kegiatan laboratorium efektif untuk meningkatkan prestasi belajar pokok bahasan Sistem Koloid pada siswa kelas II semester 2 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2004/2005. Hal ini dapat dilihat dari rerata selisih nilai kedua kelas, yakni sebesar 30,40 pada kelas kontrol, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 36,0.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.