PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN DIKLAT 2007/2008
Oleh :
Riptono
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan informasi tentang pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Diklat 2007/2008, (2) Mengetahui dan mendeskripsikan informasi faktor-faktor yang menjadi kendala pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Diklat 2007/2008, (3) Mengetahui dan mendeskripsikan peranan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Diklat 2007/2008. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Surakarta, menggunakan pendekatan kualitatif. Cuplikan dalam penelitian ini bersifat purposive sampling, dimana peneliti cenderung memilih informan yang dianggap tahu dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data yang mantap dan mengetahui masalah-masalah sehubungan dengan permasalahan secara mendalam (key person). Namun demikian informan yang dipilih dapat menunjuk informan lain yang lebih tahu, maka informan dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan peneliti dalam memperoleh data (snowball sampling). Informan penelitian ini adalah Kepala SMK Negeri 6 Surakarta, Wakasek Bidang Kurikulum SMK Negeri 6 Surakarta, dan Ketua Program Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Penjualan, Usaha Jasa Pariwisata, dan Multimedia. Data dikumpulkan dengan observasi dan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi data dan review informan. Analisis data menggunakan teknik analisis dengan model interaktif, yang terdiri dari komponen pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMK Negeri 6 Surakarta sudah sesuai dan sejalan dengan tuntutan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Prinsip-prinsip pengembangan dan komponen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang harus dilaksanakan sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan situasi dan kondisi di SMK Negeri 6 Surakarta serta disesuaikan dengan tuntutan dunia usaha dan dunia industri; (2) Proses pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMK Negeri 6 Surakarta diawali dengan perencanaan penyusunan dan pengesahan pemberlakuan KTSP mulai tahun diklat 2006/2007 kemudian dilaksanakan dalam kegiatan belajar mengajar dan dievaluasi serta ditindaklanjuti diakhir program pembelajaran; (3) Dengan diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMK Negeri 6 Surakarta ini, sekolah memiliki suatu kewenangan sendiri untuk mengembangkan peranan guru dan kreatifitas guru untuk lebih maju meningkatkan kreatifitas dan prestasi belajar siswa sehingga lulusan dapat bersaing di dunia kerja. Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menggunaan manajemen berbasis sekolah yang didukung dengan otonomu daerah sehingga sudah sinkron sesuai tuntutan dunia pendidikan; (4) Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMK Negeri 6 Surakarta adalah: (a) Pendanaan, sarana dan prasarana yang terbatas, (b) Terdapat sebagian guru dan karyawan yang sulit diajak maju, (c) Kepedulian dunia usaha dna dunia industri sebagai mitra SMK Negeri 6 Surakarta belum maksimal.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.