HUBUNGAN PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA BELAJAR DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENJASORKES KELAS 8 SISWA SMP NEGERI KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS
Oleh :
Watono
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan : (1) pemanfaatan sarana dan prasarana dengan prestasi belajar Penjasorkes. (2)motivasi dengan prestasi belajar Penjasorkes; (3) pemanfaatan sarana dan prasarana belajar dan motivasi secara bersama dengan prestasi belajar Penjasorkes. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas 8 siswa SMP Negeri Kecamatan Kota Kabupaten Kudus yang berjumlah 1.394 siswa. Sampel dalam penelitian ini dengan metode proportional Cluster Area Random Sampling, yaitu sebesar 275 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner (angket). Instrumen disusun berdasarkan skala likert. Analisis data meliputi uji prasyarat (uji multikolonieritas, uji outokorelasi, uji normalitas, dan uji linearitas), analisis regresi (regresi partial dan berganda), uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah : pertama, hasil pengujian signifikansi dan linieritas disimpulkan bahwa regresi Ỳ = 21,139 +0,642X1 sangat signifikan dan liniear. Sedangkan uji keberartian menggunakanuji t diperoleh angka t hitung sebesar 3,146 dan t tabel 1,645 pada taraf signifikan 0,05%. Karena t hitung lebih tinggi dari t tabel, maka hipotesis pertama teruji yang berarti terdapat hubungan positif pemanfaatan sarana dan prasarana dengan prestasi belajar Penjasorkes. Kedua, hasil pengujian signifikansi dan linieritas disimpulkan bahwa regresi Ỳ = 28,556 +0,573X2 sangat signifikan dan liniear. Sedangkan uji keberartian menggunakanuji t diperoleh angka t hitung sebesar 5,798 dan t tabel 1,645 pada taraf signifikan 0,05%. Karena t hitung lebih tinggi dari t tabel, maka hipotesis kedua teruji yang berarti terdapat hubungan positif motivasi dengan prestasi belajar Penjasorkes. Ketiga, hasil pengujian signifikansi dan linieritas disimpulkan bahwa regresi Ỳ= 8,776 + 0,397X1 +0,404X2 sangat signifikan dan liniear. Angka ini mencerminkan bahwa variansi prestasi belajar Penjasorkes dapat dijelaskan oleh variabel pemanfaatan sarana dan prasarana belajar dan motivasi secara bersama-sama sebesar 17,5%. Uji keberartian untuk hipotesis ketiga menggunakan uji F diperoleh angka F hitung sebesar 62,119 dan F tabel 3,89 pada taraf signifikan 5%. Karena F hitung lebih tinggi dari F tabel, maka hipotesis ketiga teruji. Ini berarti ada hubungan yang signifikan pemanfaatan sarana dan prasarana belajar dan motivasi secara bersama-sama dengan prestasi belajar Penjasorkes kelas 8 siswa SMP Negeri Kecamatan Kota Kabupaten Kudus.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.