PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI EM4 PADA FERMENTASI PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAYAM MERAH (AMARANTHUS TRICOLOR L.) SECARA HIDROPONIK
Oleh :
Eka Jumiati
RINGKASAN Bayam merah merupakan tanaman sayuran yang mengandung gizi yang tinggi, untuk mendapatkan produk yang lebih bermutu maka harus dibudidayakan dengan pupuk organik. Pupuk organik dapat dibuat dengan fermentasi bahan organik yang tersedia di alam. Untuk mempercepat proses fermentasi maka perlu ditambahkah EM4 sebagai bioaktivator. Bahan organik yang digunakan adalah ampas tahu dan kotoran ayam yang mempunyai kandungan N yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi EM4 pada fermentasi ampas tahu dan kotoran ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bayam merah. Selain itu untuk mengetahui jenis pupuk organik yang lebih berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bayam merah. Penelitian ini dilakukan di Rumah Kaca Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta pada bulan Februari 2009 sampai April 2009. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) secara faktorial, terdiri atas dua faktor perlakuan dengan 3 ulangan. Faktor pertama yaitu macam pupuk (P) terdiri atas 2 taraf, yaitu P1 (kotoran ayam) dan P2 (ampas tahu). Faktor kedua yaitu konsentrasi EM4 (K), terdiri dari 3 taraf, yaitu K1 (6 ml), K2 (12 ml) dan K3 (18 ml), sehingga diperoleh 6 kombinasi perlakuan. Variabel penelitian meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, berat segar tajuk tanaman, berat kering tajuk tanaman, berat segar akar tanaman, dan berat kering akar tanaman. Data hasil penelitian dianalisis berdasarkan uji F taraf 5%. Apabila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT) taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan berbagai konsentrasi EM4 pada fermentasi kotoran ayam memberikan pengaruh beda nyata terhadap fermentasi ampas tahu pada pertumbuhan dan hasil tanaman bayam merah secara hidroponik yang ditunjukkan dengan tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, berat segar tajuk tanaman, berat kering tajuk tanaman, berat segar akar tanaman, berat kering akar tanaman; terjadi interaksi antara perlakuan macam pupuk dengan konsentrasi EM4 pada variabel luas daun; dan pemberian larutan nutrisi hasil fermentasi kotoran ayam dengan konsentrasi EM4 12 ml/1 liter campuran bahan pupuk sudah dapat memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan luas daun tanaman bayam merah secara hidroponik.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.