PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA DAN TEKA-TEKI SILANG DALAM BENTUK MEDIA FLASH DENGAN MEMPERHATIKAN MEMORI DAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) (STUDI KASUS PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN PRES
Oleh :
Erlika Setyaningsih
ABSTRAK Erlika Setyaningsih. Pembelajaran Kooperatif Metode TGT (Teams Games Tounaments) Menggunakan Permainan Ular Tangga dan Teka-Teki Silang Dalam bentuk Media Flash dengan memperhatikan Memori dan Emotional Quotient (EQ). Tesis, Surakarta: Program studi Pendidikan Sains Program Pasca Sarjana. Universitas Sebelas Maret, Januari 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode pembelajaran TGT menggunakan permainan ular tangga dan TGT menggunakan teka-teki silang terhadap prestasi belajar kimia. (2) Pengaruh memori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kimia. (3) Pengaruh EQ tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kimia. (4) Interaksi antara metode pembelajaran dengan memori terhadap prestasi belajar kimia. (5) Interaksi antara metode pembelajaran dengan EQ terhadap prestasi belajar kimia. (6) Interaksi antara EQ dengan memori terhadap prestasi belajar kimia. (7) Interaksi antara metode pembelajaran, memori dan EQ terhadap prestasi belajar kimia Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah seluruh kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2008/2009, sejumlah 4 kelas. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling sejumlah 2 kelas. Teknik pengumpulan data variabel memori, dan prestasi belajar kognitif digunakan metode tes, prestasi belajar afektif dan EQ digunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi tiga jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran TGT menggunakan permainan ular tangga dan TGT menggunakan teka-teki silang terhadap prestasi belajar kimia baik kogninitif maupun afektif. (2) Terdapat pengaruh memori tinggi dan rendah terhadap prestasi kognitif, akan tetapi tidak terdapat pengaruh memori tinggi dan rendah terhadap prestasi afektif belajar kimia. (3) Terdapat pengaruh EQ tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kimia. (4) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan memori terhadap prestasi belajar kimia. (5) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan EQ terhadap prestasi belajar kimia. (6) Tidak ada interaksi antara EQ dengan memori terhadap prestasi belajar kimia. (7) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran, memori dan EQ terhadap prestasi belajar kimia.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.