DOKUMEN

Nomor Kelas : Bam e 2010
Penulis Utama : Bambang Sri Anggoro
Penulis Tambahan :
 
1.
Nim : S850908003
Tahun : 2010
Badan Corporate :
Judul : Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan prestasi belajar matematika ditinjau dari kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SD Kecamatan Tanjungkarang Timur Kota Bandar Lampung. Tesis: Program Studi Pendidikan Matematika, Pro
Judul Seragam :
Judul Seri :
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2010
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika- S.850908003-2010
Subyek : EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN
Jenis Dokumen : Tesis
Abstrak : ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah prestasi belajar matematika siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan kooperatif tipe STAD lebih baik prestasi belajar matematikanya dibandingkan dengan pendekatan mekanistik, (2) Apakah siswa yang kreativitas belajar matematikanya tinggi prestasi belajar matematikanya lebih baik daripada siswa yang kreativitas belajar matematikanya sedang dan apakah siswa yang kreativitas belajar matematikanya sedang prestasi belajar matematikanya lebih baik daripada siswa yang kreativitas belajar matematikanya rendah, (3) Apakah pada pembelajaran kooperatif tipe STAD menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan pendekatan mekanistik pada siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika sedang dan tinggi, dan apakah pada siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika rendah tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika baik dengan kooperatif tipe STAD maupun pendekatan mekanistik, (4) Apakah pada pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematikanya tinggi lebih baik prestasi belajar matematikanya daripada siswa yang kreativitas belajar matematikanya sedang, dan siswa yang kreativitas belajar matematikanya sedang lebih baik prestasi belajar matematika daripada siswa yang kreativitas belajar matematikanya rendah, (5) Apakah pada pembelajaran dengan pendekatan mekanistik, siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematikanya tinggi lebih baik prestasi belajar matematikanya daripada siswa yang kreativitas belajar matematikanya sedang, siswa yang kreativitas belajar matematikanya sedang lebih baik prestasi belajar matematika daripada siswa yang kreativitas belajar matematikanya rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri kecamatan Tanjungkarang Timur tahun ajaran 2009/2010. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dari 3 sekolah dilakukan dengan stratified cluster random sampling. Teknik pengumpulan data adalah dokumen yaitu nilai evaluasi standart akhir semester genap kelas III untuk data kemampuan awal sebelum eksperimen, tes untuk data prestasi belajar siswa dan angket untuk data kreativitas belajar matematika. Sebagai prasyarat penelitian kedua kelompok harus dalam keadaan seimbang dan uji keseimbangan menggunakan uji t. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan 2 x 3 dengan sel tak sama. Pengujian prasyarat analisis dilakukan dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis disimpulkan: (1) Pembelajaran kooperatif tipe STAD menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan pendekatan mekanistik pada subpokok bahasan kelipatan dan faktor bilangan (Fa = 26.6782 > 3.84 = Ftabel dan rataan marginal ( = 70.5820 > 66.1066 = ); (2) Prestasi belajar matematika siswa yang kreativitas belajar matematikanya tinggi lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang kreativitas belajar matematikanya sedang, dan prestasi belajar matematika siswa yang kreativitas belajar matematikanya sedang lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang kreativitas belajar matematikanya rendah (Fb = 100.6213 > 3 = Ftabel dan rataan marginalnya = 78.2692 > 68.5467 = > 59.6703 = ); (3) Pembelajaran kooperatif tipe STAD menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan pendekatan mekanistik untuk setiap kategori kreativitas belajar matematika yang dimiliki siswa (Fab = 2.7145 < 3 = Ftabel); (4) Pada pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika tinggi lebih baik prestasi belajar matematikanya daripada siswa yang kreativitas belajar matematikanya sedang, dan siswa yang kreativitas belajar matematikanya sedang lebih baik prestasi belajar matematikanya daripada siswa yang kreativitas belajar matematikanya rendah; (5) Pada pembelajaran dengan pendekatan mekanistik, siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematikanya tinggi lebih baik prestasi belajar matematikanya daripada siswa yang kreativitas belajar matematikanya sedang, dan siswa yang kreativitas belajar matematikanya sedang lebih baik prestasi belajar matematika daripada siswa yang kreativitas belajar matematikanya rendah. Secara ringkas disimpulkan bahwa pembelajaran dengan kooperatif tipe STAD lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika jika dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan pendekatan mekanistik pada siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Tanjungkarang Timur Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung tahun pelajaran 2009-2010, baik untuk siswa dengan kreativitas belajar matematika tinggi, siswa dengan kreativitas belajar matematika sedang maupun siswa dengan kreativitas belajar matematika rendah. ABSTRACT Bambang Sri Anggoro. S850908003. The Effectiveness of Cooperative Learning on STAD Type in Improving The Studentsí Mathematics Learning Achievement Viewed From Studentsí Creativity To The Fourth Grade Students of state elementary school on East Tanjungkarang subdistrict Bandar Lampung City in the academic year 2009/2010. Thesis: Mathematics Education Department, Postgraduate of Sebelas Maret University, Surakarta. 2010. This research is aimed to find out: (1) which one is better, Cooperative Learning on STAD type or Mechanistic approach in improving the studentsí Mathematics learning achievement; (2) whether the students with a high studentsí creativity have better learning achievement in Mathematics than those with the moderate studentsí learning creativity, and whether the students with moderate studentsí creativity have better learning achievement in Mathematics than those with the low one; (3) whether Cooperative Learning on STAD type gives a better result in Mathematics learning achievement than Mechanistic approach to the studentsí who have high and moderate creativity, and whether the studentsí who have low creativity have no difference in Mathematics learning achievement either in Cooperative learning approach on STAD type or Mechanistic approach; (4) whether by Cooperative Learning on STAD type, the students who have high creativity in learning Mathematics are better in learning achievement or their Mathematics learning achievement than those students who have moderate creativity, and the students who have moderate creativity are better than the students who have low creativity in their Mathematics learning achievement (5) whether learning by Mechanistic approach, the students who have high creativity in learning Mathematics are better in Mathematics learning achievement than those students who have moderate creativity, and the students who have moderate creativity are better than the students who have low creativity in their Mathematics learning achievement. This research is a quasi experimental method. The population of the research is all the fourth grade students of state elementary school on East Tanjungkarang subdistrict in the academic year 2009/2010. The samples are taken by using stratified cluster random sampling. In collecting the data, the instruments used are documentation in standard score of final evaluation in their third grade even semester for prior knowledge data before the experimentation, test for the studentsí learning achievement data and questionnaire for Mathematics creativity data. As a requirement of research, both of the groups must be balance and the t- test is used to know the balance one. Meanwhile, the technique of analyzing the data is two ways ANOVA 2 x 3. The try out test is done with Lilliefors method for normality test and Bartlett method for homogeneity test. From the data analysis, it can be concluded that; (1) Cooperative Learning on STAD type gives a better result than Mechanistic approach (Fa = 26.6782 > 3.84 = Ftable and marginal average = 70.5820 > 66.1066 = ); (2) the studentsí learning achievement for the students that have high learning creativity is better than those who have a moderate learning creativity, and the studentsí learning achievement that have a moderate learning creativity is better than the students who have a low learning (Fb = 100.6213 > 3 = Ftable and marginal average = 78.2692 > 68.5467 = > 59.6703 = ); (3) the Cooperative Learning approach on STAD type gives a better result in studentsí Mathematics learning achievement than Mechanistic approach for each category of studentsí learning creativity (Fab = 2.7145 < 3 = Ftable); (4) in Cooperative Learning on STAD type, the studentsí learning achievement that have a high learning creativity is better than the students who have a moderate learning creativity, and the studentsí learning achievement that have a moderate learning creativity is better than the students that have a low learning creativity. (5) in Mechanistic learning theory, the studentsí learning achievement for the students that have high learning creativity is better than those who have moderate learning creativity, and the studentsí learning achievement for the students who have moderate learning creativity is better than those who have a low learning creativity. Thus, Cooperative Learning on STAD type is more effective to improve the studentsí Mathematics learning achievement when it is compared with the Mechanistic learning approach to all the fourth grade students of state elementary school on East Tanjungkarang subdistrict Bandar Lampung City in the academic year 2009-2010 especially for those who have high, medium and low mathematics learning creativity.
File Dokumen :
Tidak ada file  
Bambang Sri Anggoro.pdf  
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download  
Status Public
Pembimbing :
1.
2.
3.
4.
5.
Catatan Umum : 315/2010
Fakultas : Pascasarjana
Harga : upload9
Asal : Hadiah

 

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.