DOKUMEN

Nomor Kelas : Wul p 2010
Penulis Utama : Wulan Kristanti
Penulis Tambahan : Tidak ada Penulis Tambahan dalam Dokumen ini.

 
Nim : S.88090801
Tahun : 2010
Badan Corporate :
Judul : Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Ips Geografi Kelas Viii Smpn 18 Balikpapan Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Tahun Pelajaran 2009/2010
Judul Seragam :
Judul Seri :
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2010
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi.PKLH-S.88090801-2010
Subyek : KONTEKSTUAL
Jenis Dokumen : Tesis
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui Pengaruh metode pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar IPS-Geografi siswa SMPN 18 Balikpapan; (2) mengetahui pengaruh tingkat motivasi terhadap hasil belajar IPS-Geografi siswa SMPN 18 Balikpapan; (3) Mengetahui pengaruh antara metode pembelajaran kontekstual dan tingkat motivasi terhadap hasil belajar IPS-Geografi siswa SMPN 18 Balikpapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 18 Balikpapan tahun pelajaran 2009/2010. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 18 Balikpapan, dari populasi tersebut diambil 90 siswa sebagai sampel, yang terdiri dari 46 siswa kelas VIIIB sebagai kelas Eksperimen diberi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan kelas VIIIA sebanyak 44 siswa sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik analisis data digunakan Analisis Variansi dua jalan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan konvensional (Fhitung = 4,3555 > Ftabel = 3,98), derajad kebebasan 1 pada taraf signifikansi  = 0,05 ; (2) terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang mempunyai motivasi tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi rendah ( Fhitung = 5,3911 > Ftabel =3,13 ) derajad kebebasan 2 pada taraf signifikansi  = 0,05 ; (3) tidak terdapat interaksi pengaruh pembelajaran kontekstual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar geografi ( Fhitung = 0,8592 < Ftabel = 3,13 ) derajad kebebasan 2 pada taraf signifikansi  = 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) metode kontekstual dalam pembelajaran IPS dapat memberikan hasil belajar IPS yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional; (2) siswa yang memiliki motivasi tinggi akan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki motivasi rendah; (3) tidak terdapat pengaruh antara penerapan pembelajaran kontekstual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Geografi.
File Dokumen :
7141.pdf  
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download  
Status Public
Pembimbing :
1. Dr. Chatarina Muryani, M.Si
2. Setya Nugraha,S.Si., M.Si
3.
4.
5.
Catatan Umum : 7141/2010
Fakultas : Pascasarjana
Harga : Fitri
Asal : Hadiah

 

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.