DOKUMEN

Nomor Kelas : y.wa p 2010
Penulis Utama : Y. Wahyunti K
Penulis Tambahan :
 
1.
Nim : S.54080903
Tahun : 2010
Badan Corporate :
Judul : Pengaruh Media Pembelajaran Video Compact Disc dan Panthom Terhadap Prestasi Belajar Asuhan Inisiasi Menyusu Dini Ditinjau dari Minat Belajar Mahasiswa di Akbid Giri Satria Husada Wonogiri
Judul Seragam :
Judul Seri :
Edisi :
Imprint : Surakarta - pascasarjana - 2010
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi.kedokteran keluarga- S.540809031-2010
Subyek : MEDIA
Jenis Dokumen : Tesis
Abstrak : Asuhan inisiasi menyusu dini merupakan keterampilan yang harus dikuasai untuk mendukung peningkatan keterampilan bidan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas. Mahasiswa banyak yang belum mampu menguasai keterampilan asuhan inisiasi menyusu dini sesuai dengan target yang diharapkan ditunjang minat belajar mahasiswa yang masih rendah. Pembelajaran praktek selama ini hanya menggunakan media Panthom saja. Visualisasi dengan media VCD adalah suatu cara yang dapat dilakukan untuk mengkonkritkan sesuatu yang abstrak dan dapat mengakomodasi siswa yang lamban dalam menerima pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah; 1) menganalisis perbedaan pengaruh pembelajaran dengan media VCD dan Panthom terhadap prestasi belajar asuhan inisiasi menyusu dini, 2) menganalisis perbedaan pengaruh minat belajar tinggi dan minat belajar rendah tehadap prestasi belajar asuhan inisiasi menyusu dini, 3) menganalisis interaksi antara media pembelajaran dan minat belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar asuhan inisiasi menyusu dini. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experiment dengan post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 60 mahasiswa. Teknik pengambilan data melalui observasi terstruktur menggunakan checklist persalinan normal dengan inisiasi menyusu dini dan kuesioner minat belajar.Analisa data menggunakan anova dua jalan. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan: 1) penggunaan media pembelajaran mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar asuhan inisiasi menyusu dini ditunjukkan dari Fo 11,526 dengan nilai p = 0,001(<0,05). 2) minat belajar mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar asuhan inisiasi menyusu dini ditunjukkan dari Fo 5,167 dengan nilai p = 0,027(<0,05). 3) ada interaksi yang signifikan antara media pembelajaran dengan minat belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar asuhan inisiasi menyusu dini, ditunjukkan dari Fo 9,391 dengan nilai p = 0,003(<0,05). Kesimpulan: Penggunaan media yang tepat dan bervariasi lebih efektif menimbulkan kegairahan dalam belajar dan memungkinkan peserta didik belajar sendiri menurut kemampuan dan minatnya sehingga prestasi belajar meningkat
File Dokumen :
Tidak ada file  
Tidak ada file  
Microsoft Word - TESIS LENGKAP.pdf  
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download  
Status Public
Pembimbing :
1. Prof. Dr. dr. Didik Tamtomo, MM, M.Kes, PAK,
2. Dr. Nunuk Suryani, MPd
3.
4.
5.
Catatan Umum :
Fakultas :
Harga : upload28
Asal : Hadiah

 

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.