DOKUMEN

Nomor Kelas : Bam p 2012
Penulis Utama : Bambang Guntoro
Penulis Tambahan :
 
1.
Nim : K.1506011
Tahun : 2012
Badan Corporate :
Judul : Penerapan Metode Kooperatif Dengan Model Pembelajaran Snowball Drilling Dalam Mata Diklat Menggunakan Peralatan Tangan Dan Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Teknik Bangunan Program Keahlian Teknik Perkayuan Di Smk Negeri 2 Surakarta
Judul Seragam :
Judul Seri :
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.IKIP - 2012
Kolasi :
Sumber : UNS-F.IKIP Jur. Pendidikan Teknik Dan Kejuruan-K.1506011-2012
Subyek : SNOWBALL DRILLING
Jenis Dokumen : Skripsi
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TKK SMK Negeri 2 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan metode Snowball Drillimg pada mata pelajaran menggunakan peralatan tangan dan listrik ; (2) Mengetahui efektifitas penerapan metode Snowball Drillimg dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKK SMK Negeri 2 Surakarta pada mata pelajaran menggunakan peralatan tangan dan listrik Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dimulai dengan identifikasi permasalahan yang ada didalam kelas, perencanaan berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan metode Snowball Drillimg, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, analisis dan refleksi untuk memperbaiki tindakan pada siklus I. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik kontruksi kayu SMK Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2011 / 2012. Data diperoleh melalui observasi afektif dan psikomotor siswa, wawancara, tes kognitif siklus I dan tes kognitif siklus II. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan metode Snowball Drillimg dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKK SMK Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2011 / 2012 pada kompetensi dasar Kemampuan mengidentifikasi peralatan tangan dan listrik pekerjaan konstruksi kayu. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian. Hasil belajar siswa ranah kognitif (Pra Siklus = 55% ; Siklus I = 60% ; Siklus II = 80%). Hasil belajar siswa pada ranah afektif (Pra Siklus = 58,33% ; Siklus I = 65% ; Siklus II = 75%). Hasil belajar siswa ranah psikomotor (Pra Siklus = 58,33% ; Siklus I = 70% ; 85%). Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode snowball drilling efektif dalam meningkatakan hasil belajar siswa, ini terlihat dari proses pembelajaran yang berkualitas.
File Dokumen :
Bambang Guntoro-K 1506011.pdf  
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download  
IMAGE0013.JPG  
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download  
Status Public
Pembimbing :
1. Drs. H. Suradji, M.Pd,
2. Ernawati Sri S, ST., M.Eng,
3.
4.
5.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
Harga : Proyek1
Asal : Hadiah

 

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.