Abstrak


Prinsip Kesantunan dan Prinsip Pollyanna dalam Acara Putcast di Akun Youtube mojok.co


Oleh :
Agus Hariyanto - C0214004 - Fak. Ilmu Budaya

Penelitian ini bertujuan untuk (i) mendeskripsikan penerapan prinsip kesantunan dalam acara Putcast di akun Youtube Mojok.co; dan (ii) mendeskripsikan penerapan prinsip pollyanna dalam acara Putcast di akun Youtube Mojok.co
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah pendekatan pragmatik. Data dalam penelitian ini berupa tuturan yang mengandung prinsip kesantunan dan prinsip pollyanna dari pembawa acara dan narasumber dalam acara Putcast di akun Youtube Mojok.co. Sumber data yang digunakan, yaitu acara Putcast di akun Youtube Mojok.co yang ditayangkan pada bulan Januari s.d. Maret 2021. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik unduh. Metode analisis data yang digunakan ialah metode analisis kontekstual.
Hasil dari penelitian penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip kesantunan ditemukan dalam acara Putcast di akun Youtube Mojok.co, yakni maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim simpati. Sementara itu, penerapan prinsip pollyanna yang ditemukan dalam acara Putcast di akun Youtube Mojok.co, yaitu aspek eufemisme dan adverbial of degree (tingkat keterangan).

Kata kunci: prinsip kesantunan, prinsip pollyanna, Putcast