Abstrak


Hubungan Antara Tekanan Akademik, Kesempatan, Rasionalisasi, dan Kemampuan Individu dengan Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Se-Solo Raya


Oleh :
Sri Wahyuni - K7717072 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) hubungan antara tekanan akademik dengan perilaku kecurangan akademik mahasiswa; (2) hubungan antara kesempatan dengan perilaku kecurangan akademik mahasiswa; (3) hubungan antara rasionalisasi dengan perilaku kecurangan akademik mahasiswa; (4) hubungan antara kemampuan individu dengan perilaku kecurangan akademik mahasiswa; dan (5) hubungan antara tekanan akademik, kesempatan, rasionalisasi, dan kemampuan individu secara bersama-sama dengan perilaku kecurangan akademik mahasiswa.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa aktif Pendidikan Akuntansi UNS dan UMS angkatan 2017 dan 2018 yang berjumlah 463 mahasiswa. Sampel sebanyak 215 mahasiswa yang diperhitungkan menggunakan rumus slovin dan diambil menggunakan teknik convenience sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, dan analisis regresi linear ganda dengan bantuan SPSS versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa  (1) Terdapat hubungan positif dan tidak signifikan antara tekanan akademik dengan perilaku kecurangan akademik mahasiswa (nilai signifikansi 0,289>0,05); (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kesempatan dengan perilaku kecurangan akademik mahasiswa (nilai signifikansi 0,000<0 xss=removed>

Kata Kunci: Teori fraud diamond, perilaku kecurangan akademik, tekanan akademik, kesempatan, rasionalisasi, dan kemampuan inividu.