Abstrak


SISTEM PARKIR AUTOMATIC LICENSE RECOGNITION APPLICATION (ALRA) MENGGUNAKAN AUTOMATIC LICENSE PLATE RECOGNITION (ALPR)


Oleh :
Riesz Riazy Rohman - M0516039 - Fak. MIPA

Kebanyakan sistem parkir yang ada mengharuskan pengunjung mengambil karcis parkir di pintu masuk dan saat pengunjung keluar melalui pintu keluar, petugas parkir mengambil kembali karcis parker tersebut, mendata atau meng-input nomor kendaraan dan kemudian memproses pembayaran biaya parkir. Proses manual ini mengakibatkan kemungkinan terjadinya kesalahan manusia pada saat proses peng-input-an nomor plat kendaraan. Tekonologi yang efektif dan efisien diperlu-kan untuk menangani masalah ini.

Pada penilitian ini diterapkan teknologi automatic license recognition application (ALRA) pada sistem parkir otomatis menggunakan automatic license plate recognition (ALPR). Sistem kerja ALRA, dimulai dengan menyimpan citra kendaraan secara real time yang ditangkap oleh kamera IP ke dalam database sistem ALRA. Selanjutnya, citra diproses dan direkognisi menggunakan library ALPR yang menghasilkan segmentasi citra plat nomor untuk dikonversi menjadi data berbentuk string.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem parkir ALRA dengan menggu-nakan teknologi ALPR dapat diimplementasikkan pada sistem parkir yang ada. Hasil pengujian menunjukan bahwa sistem telah sesuai dengan rancangan. Sistem parkir menggunakan teknologi ALPR memberikan hasil yang konsisten. Hasil ini membuktikan bahwa penerapan teknologi ALPR pada sistem parkir lebih baik dibandingkan dengan sistem parkir pada umumnya.