Abstrak


Analisis Penanganan Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Program Door to Door Pada Samsat Kabupaten Karanganyar Periode Tahun 2021 dan 2022


Oleh :
Ni Putu Revi Mariska Arini - V1520063 - Sekolah Vokasi

Tunggakan pajak adalah permasalahan yang mengakibatkan tidak optimalnya penerimaan pajak. Tunggakan pajak ini juga terjadi pada SAMSAT Kabupaten Karanganyar. Pihak SAMSAT Kabupaten Karanganyar menjalankan program penagihan pajak secara langsung kepada wajib pajak yang melakukan penunggakan, yaitu program Door to Door. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme, capaian dan kendala program Door to Door dalam mengatasi permasalahan tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor pada SAMSAT Kabupaten Karanganyar tahun 2021 dan 2022.

Berdasarkan capaian pencairan tunggakan menunjukan bahwa program Door to Door memiliki angka capaian sebesar 21% pada tahun 2021 dan 20% pada tahun 2022. Capaian ini didapatkan dari hasil pembayaran penagihan tunggakan yang dilakukan pada periode tahun penagihan. Hal ini mengakibatkan pembayaran yang dilakukan diluar periode tahun penagihan tidak tercatat pada hasil pembayaran, sehingga perlu adanya kebijakan lebih lanjut untuk mengoptimalkan program Door to Door ini, seperti pemberian sanksi lebih tegas, pemberitahuan tanggal jatuh tempo pembayaran PKB lebih awal dan lain sebagainya.