Abstrak


Kekuatan Sisi Refleksif Pada Graf Shell Butterfly, Graf Ilalang, Dan Graf Ladder Comb Graf Star


Oleh :
Diana Rahmawati - M0119024 - Fak. MIPA

Misalkan G merupakan graf tak berarah dan sederhana dengan himpunan sisi E(G) dan himpunan titik V (G). Pelabelan k tak teratur sisi refleksif pada graf G adalah pelabelan dengan titik-titiknya dilabeli dengan label bilangan genap dari 0 hingga 2kv dan sisi-sisinya dilabeli bilangan bulat positif dari 1 hingga ke, dengan k = maks{ke, 2kv}, sedemikian sehingga bobot untuk semua sisi-sisinya berbeda. Kekuatan sisi refleksif dari graf G dinotasikan dengan res(G) dengan nilai minimum k dari label terbesar.

Graf shell butterfly dinotasikan SBn, merupakan graf yang diperoleh dari double shell dengan dua pendant di titik pusat. Graf ilalang yang dinotasikan dengan Sn, r merupakan graf yang diperoleh dari r buah graf star Sn dan titik pusat c yang dihubungkan dengan edge dari titik c ke setiap titik pusat Sn. Kemudian graf Lm ?Sn adalah graf operasi comb dari graf ladder Lm dengan graf star Sn. Dalam penelitian ini, ditentukan res(G) dari graf shell butterfly SBn dengan n ? 3, graf ilalang Sn, r dengan n ? 2 dan r = 3, dan graf ladder comb graf star Lm ? Sn dengan m ? 2 dan n ? 2. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka.

Hasil penelitian menyatakan bahwa res(G) dari graf shell butterfly SBn untuk n ? 3 yaitu ?4n/3 ? untuk 4n ?? 2, 3 (mod 6) dan ?4n/3 ?+ 1 untuk 4n ?2, 3 (mod 6). Res(G) dari graf ilalang Sn, 3 dengan n ? 2 yaitu ?{3n+3}/3 ?, untuk 3n+3 ?? 2, 3 (mod 6) dan ?{3n+3}/3 ?+1, untuk 3n+3 ? 2, 3 (mod 6). Res(G) dari graf ladder comb graf star Lm ? Sn yaitu ?{2nm+3m?2}/3 ?, untuk 2nm+3m?2 ?? 2, 3 (mod 6) dan ?{2nm+3m?2}/3 ? + 1, untuk 2nm + 3m ? 2 ? 2, 3 (mod 6).