Abstrak


PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN MEDIA PUZZLE PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI 2 PEJAGOAN TAHUN AJARAN 2023/2024


Oleh :
Reyska Alifa Fathonah - K7120220 - Fak. KIP

Reyska Alifa Fathonah. K7120220. PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN MEDIA PUZZLE PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI 2 PEJAGOAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2024.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan media puzzle pecahan, (2) meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui penerapan pendekatan RME dengan media puzzle pecahan, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan (RME) dengan media puzzle pecahan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan 5 pertemuan. Pada setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SD Negeri 2 Pejagoan yang berjumlah 26 siswa. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumen, dan tes. Teknik uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian ini: (1) langkah-langkah penerapan pendekatan RME dengan media puzzle pecahan, yaitu: (a) memahami masalah riil/nyata dengan media puzzle pecahan, (b) menjelaskan masalah riil/nyata dengan media puzzle pecahan, (c) menyelesaikan masalah riil/nyata dengan media puzzle pecahan, (d) membandingkan dan mendiskusikan jawaban dengan media puzzle pecahan, dan (e) menyimpulkan materi yang telah dipelajari. (2) Penerapan pendekatan RME dengan media puzzle pecahan meningkatkan pemahaman konsep tentang pecahan pada siswa kelas VB SD Negeri 2 Pejagoan. Persentase rata-rata ketuntasan hasil belajar siklus I = 73,08%, siklus II = 86,54%, siklus III = 96,15%. (3) Kendala pada penerapan pendekatan RME dengan media puzzle pecahan, yaitu: (a) siswa belum memperhatikan masalah yang disajikan guru, (b) terdapat siswa yang tidak tertib selama pembelajaran, (c) siswa belum maksimal untuk mempresentasikan hasil diskusi, (d) siswa belum percaya diri saat presentasi, dan (e) siswa kesulitan menyimpulkan penyelesaian masalah. Solusi yang dilakukan yaitu: (a) guru mengarahkan siswa untuk fokus pada masalah, (b) guru menegur siswa yang tidak tertib selama pembelajaran, (c)  guru memotivasi siswa untuk lebih percaya diri saat menanggapi diskusi, (d) guru memotivasi siswa untuk percaya diri saat presentasi di depan kelas, dan (e) guru memberikan arahan dengan jelas dalam menyimpulkan.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan media puzzle pecahan meningkatkan pemahaman konsep matematika tentang pecahan pada siswa kelas VB SD Negeri 2 Pejagoan tahun ajaran 2023/2024.

Kata kunci: Realistic Mathematics Education, Puzzle Pecahan, Pemahaman Konsep