Abstrak


Proposal Upaya Peningkatan Pemahaman Pengetahuan Perpetaan melalui Penggunaan Metode Resitasi Disertai Media Peta Bagi Siswa kelas II D SMP Negeri 24 Surakarta Tahun Ajaran 2005/2006


Oleh :
Prihati - K5402515 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode resitasi disertai media peta dapat meningkatkan pemahaman pengetahuan perpetaan bagi siswa kelas II SMP Negeri 24 Surakarta tahun ajaran 2005/2006.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah Kelas II D SMP Negeri 24 Surakarta dengan jumlah siswa 38 yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Penelitian dilakukan di kelas II D Bulan Desember Tahun 2005 pada semester I tahun ajaran 2005/2006. Lingkup materi adalah Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia, dengan sub pokok bahasan meliputi: pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan dan pertambangan. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, metode observasi , metode angket, dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis perbandingan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Metode resitasi disertai media peta terbukti mampu meningkatkan pemahaman pengetahuan perpetaan, yaitu terlihat dari hasil tes baik pada siklus pertama maupun siklus kedua. Adapun pada siklus pertama diperoleh hasil sebagai berikut: Nilai tes pada siklus pertama, dari jumlah siswa kelas II D sebanyak 38, yang mendapat nilai kurang dari 6,5 sebanyak 11 anak (29 %), sedangkan yang mendapat nilai 6,5 ke atas berjumlah 27 siswa (71 %). Dari 38 siswa tersebut diperoleh rata-rata 7,24. Kemudian untuk siklus kedua yang juga diikuti 38 siswa yang mendapat nilai kurang dari 6,5 ada 2 siswa (5 %) dan yang mendapat 6,5 ke atas ada 36 siswa (95 %). (2) Dengan metode resitasi disertai media peta dapat diperoleh ketuntasan belajar siswa secara individu maupun klasikal. Adapun batasan ketuntasan secara klasikal adalah 85 ?ri jumlah siswa mendapat nilai 6,5 ke atas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini lebih tinggi dari standar yang telah ditentukan. Hal itu terlihat dari hasil tes pada siklus pertama mencapai presentase ketuntasan 71 ?n pada putaran kedua diperoleh hasil tes dengan prosentase ketuntasan 95 %. (3) Metode resitasi disertai media peta dapat meningkatkan perhatian dan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari hasil pengamatan siswa pada siklus pertama dan kedua.