Abstrak


Anteseden Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pelanggan KaliMilk di Surakarta)


Oleh :
Hilda Nasti Gusma - F1212037 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, kualitas layanan, suasana, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan KaliMilk di Surakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah individu yang pernah mengunjungi dan membeli produk KaliMilk di Solo dan berniat untuk loyal. Sampel sebanyak 160 responden yang diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan alat analisis Generalized Structured Component Analysis (GSCA).
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) harga tidak berpengaruh pada kepuasan pelanggan (2) kualitas produk berpengaruh signifikan pada kepuasan pelanggan (3) kualitas layanan berpengaruh signifikan pada kepuasan pelanggan (4) suasana berpengaruh signifikan pada kepuasan pelanggan (5) kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan pada loyalitas pelanggan.
Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi para praktisi dalam mengambil langkah-langkah keputusan untuk menentukan strategi pemasaran guna meningkatkan kualitas, kepuasan konsumen, serta membentuk loyalitas pelanggan KaliMilk.


Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Suasana, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.