Abstrak


Peran Pramuwisata (TOUR GUIDE) Bahasa Asing terhadap Peningkatan Pelayanan dan Kuantitas Pengunjung Mancanegara di Candi Prambanan


Oleh :
Nur Rochma Ika Mustafa - C9412031 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Tugas Akhir ini mengkaji tentang Peran Pramuwisata (Tour Guide) Bahasa Asing Terhadap Peningkatan Pelayanan dan Kuantitas Pengunjung di Candi Prambanan. Penyusunan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan kualitas bahasa asing yang dimiliki pramuwisata di Candi Prambanan, untuk mengetahui sejauh mana pelayanan yang diberikan pramuwisata kepada wisatawan dan usaha apa saja yang dilakukan pramuwisata dalam membantu meningkatkan jumlah pengunjung mancanegara yang datang berkunjung.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini yaitu analisis diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, metode angket dan studi dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pramuwisata bahasa asing dalam memberikan kualitas pelayanan kepada wisatawan sudah bagus, yaitu dengan bukti penilaian dari wisatawan yang menggunakan jasa tour guide. Beberapa usaha yang dilakukan dalam membantu meningkatkan pengunjung mancanegara sudah dilakukan seperti, menambah penguasaan bahasa asing, tetap keep contact dengan wisatawan, memberikan informasi yang up to date kepada wisatawan dan bekerja sama dengan biro perjalanan wisata.
Kesimpulan yang dapat diambil bahwasanya kemampuan dan kualitas bahasa asing yang dimiliki oleh pramuwisata HPI Unit Prambanan serta pelayanan yang pramuwisata berikan sudah bagus. Hal tersebut dibuktikan dengan data-data atau penilaian dari wisatawan yang memakai jasa pramuwisata HPI Unit Prambanan dalam melakukan tour di Candi Prambanan. Pelayanan maksimal merupakan salah satu cara dan kunci untuk membantu mendatangkan wisatawan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pengetahuan dan penguasaan bahasa asing pramuwisata harus senantiasa diasah supaya pelayanan yang maksimal tersebut dapat tercapai.