Abstrak


Analisis yuridis alasan perlawanan saksi terhadap penetapan hakim pengadilan negeri Bangil terkait kesaksian yang dianggap palsu dan implikasinya jika diterima oleh pengadilan tinggi terhadap status penahanan saksi (studi kasus dalam putusan pengadil


Oleh :
Dewi Puspitasari - E0009096 - Fak. Hukum

Penelitian Hukum ini bertujuan untuk mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai alasan perlawanan saksi terhadap Penetapan Hakim Pengadilan Negeri Bangil dan bagaimana implikasi jika perlawanan tersebut diterima oleh Pengadilan Tinggi terhadap status penahanan saksi.

            Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dengan menggunakan pendekatan kasus. Jenis bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur dengan sumber data sekunder yang mencakup bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Bahan hukum yang diperoleh kemudian dipelajari dan dianalisis lebih lanjut sesuai dengan tujuan dan permasalahan penelitian.

            Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa alasan pengajuan perlawanan saksi terhadap Penetapan Penetapan Hakim Pengadilan Negeri Bangil sudah sesuai dengan ketentuan dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) dan implikasi atas diterimanya perlawanan saksi oleh Pengadilan Tinggi terhadap status penahanan saksi adalah penahanan yang dilakukan oleh Hakim Pengadilan Negeri Bangil menjadi tidak sah dan saksi harus dibebaskan dari penahanan kota.

Research law is meant to study and answer problems about reasons resistance witness against the district court judge Bangil and how implication if resistance are received by a superior court about the status of detention witnesses.

This research is research law normative that is both prescriptive by using approach cases. A kind of law used in this research is literature with data resources secondary which includes material law primary, material law secondary, and materials law tertiary. Material law obtained then studied and analyzed further according to purpose and problems research.

Based on research obtained the result that reason filing resistance witness against determination of the district court judge bangil are in accordance with provisions in the legal statute event criminal and implication on the resistance of a witness by high court about the status of detention witness was the arrest done by district court judge Bangil of being illegitimate and witnesses shall be exempt from detention city