Abstrak


Perancangan Kampanye Pentingnya Quality Time pada Anak sebagai Pemenuhan Hak Bermain Anak Melalui Event


Oleh :
Afni Yunida - C0709003 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Anak adalah karunia yang terbesar bagi keluarga, agama, bangsa, dan negara. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, anak adalah penerus cita-cita bagi kemajuan suatu bangsa. Anak memiliki hak-hak yang harus terpenuhi, salah satunya adalah hak untuk bermain. Bermain dengan orang tua dapat menjadi momen kebersamaan antara orang tua dan anak. Menghabiskan waktu berkualitas dengan anak juga memiliki dampak positif yang dapat mempengaruhi perkembangan anak di masa depan. Namun, kenyataannya kegiatan ini tidak dapat dilakukan terutama pada orang tua yang sibuk bekerja.
Guna menyelesaikan permasalahan di atas, solusi yang dipilih yaitu dengan membuat rancangan berbagai media visual yang nantinya akan digunakan untuk program kampanye sosial tersebut. Berbagai macam data diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan juga studi pustaka terkait dan membagikan kuisioner kepada responden yang mewakili target audience. Hasil dari analisis tersebut menampilkan keinginan masyarakat tentang media kampanye sosial. Berdasarkan hasil tersebut, konsep dari media kampanye sosial yang akan dibuat adalah untuk mengajak masyarakat agar dapat terlibat dari kampanye sosial ini. Media yang digunakan adalah melalui event, poster kampanye, dan merchandise. Diharapkan perancangan media ini dapat membantu pelaksanaan kampanye sehingga masyarakat dapat lebih mengetahui tentang gerakan kampanye ini dan berpartisipasi untuk menyukseskannya.
ABSTRACT
The son is the biggest gifts to family, religion, the nation, and the country. In the life of nation and state, a child is successor of the ideals for the advancement of a nation. Children have their rights that must be fulfilled, one of them is playing. Playing with parents can be a moment of togetherness between parents and children. However, in reality, parents find it difficult to do this activity with their children, especially for busy working parents.
In order to solve the problem above, asolution has been choosen, by making a design of various visual media that will be used in the social campain program. Various kind of data have been collected through a method of observation, interview and also from the study literarure related. Questioners have been distributed to respondents who represent the target audience. The results of the analysis shows the desire of the public about social media campaign. Based on those results, the concept of social media campaign is to invite community to be involved in this social campaign. The media used is through the event, campaign posters and merchandise. It is expected that the media design may assist the implementation of the campaign so that people can be more aware about this movement and participate for a success.