Abstrak


Perancangan Tekstil dengan Teknik Lukis untuk Busana Pengantin Outdoor


Oleh :
Eka Prastya Ningsih - C0910021 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Latar belakang perancangan adalah Teknik lukis lebih banyak diaplikasikan pada busana wanita, antara lain: daster, kaos, blus, dan gamis. Produk-produk yang banyak dijual di pasaran tersebut memiliki model yang sangat sederhana dan selalu sama sehingga kurang memiliki inovasi. Sesuai sifat eksklusif dari motif dengan teknik lukis, perlu adanya inovasi untuk mengaplikasikan pada produk yang lebih eksklusif pula salah satunya busana pengantin outdoor dengan memikirkan kenyamanan penggunanya. Busana pengantin yang seringkali tampil dengan model panjang hingga menyentuh lantai atau besar pada bagian bawah dan hiasan bordir, sulam payet yang cukup banyak, ini kurang sesuai dengan konsep pernikahan outdoor. Selain itu kondisi lingkungan juga sangat diperhatikan karena tempat berjalannya acara berada diluar ruangan, maka perlu adanya pemikiran mengenai busana yang sesuai untuk konsep pernikahan outdoor.
Teknik lukis menjadi salah satu alternatif dalam pembuatan desain motif tekstil untuk busana pengantin outdoor. Nilai eksklusif dari lukis dapat menjadi pendukung dan menjadikan busana pengantin lebih indah, unik dan berbeda dari yang lain.
Permasalahan pada perancangan adalah bagaimana merancang desain motif tekstil dengan teknik lukis untuk busana pengantin outdoor.
Penciptaan suatu karya diperlukan sumber ide yang dijadikan sebagai arahan perwujudan karya. Tema desain motif dan busana pengantin disesuaikan dengan konsep pernikahan outdoor sehingga keduanya dapat saling berhubungan. Dalam hal ini tema “beautiful roses” dijadikan sebagai sumber ide dalam perwujudan karya. Tema tersebut dipilih berdasarkan makna dari kata beautiful roses tersebut, yaitu kecantikan bunga mawar. Bunga mawar memiliki makna cinta dan kasih sayang, sehingga hal ini sesuai dengan makna dari sebuah pernikahan.
Proses perwujudan karya disesuaikan dengan beberapa aspek perancangan yaitu aspek fungsi, aspek estetis, aspek bahan, dan aspek proses produksi. Keempat aspek tersebut harus saling berhubungan satu sama lain sehingga karya yang dihasilkan dapat sesuai dengan konsep pernikahan outdoor. Selain itu dalam proses visualisasi desain ini melalui beberapa tahapan yaitu pemolaan (pattern), melukis (painting), pemotongan bahan (cutting), menjahit (sewing), finishing, dan pembuatan aksesori. Dalam mewujudkan suatu produk karya ini melalui berbagai pemikiran dan pertimbangan dari setiap tahapannya sehingga produk yang dihasilkan dapat terkonsep dengan baik.
Kata kunci : Surface design, Lukis, Busana Pengantin Outdoor