Abstrak


Analisis Implementasi Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Bagian Produksi Rokok SKM (Sigaret Kretek Mesin) di PT. Djitoe Indonesia Tobako


Oleh :
Diah Purwaningsih - F3512027 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRACT
The purpose of this study is to know how the implementation of occupational health and safety policy at PT. Djitoe Indonesia Tobako. This study also aims to determine the factors that causing problems when the policy is implemented in production of kretek mesin’s cigarette.
This research use descriptive analysis which compares to PT. Djitoe Indonesia Tobako’s implementation of occupational health, safety work, and the law of health and safety regulations. The data analysis was also conducted using the domino effect of HW Heinrich domino theory to determine the factors causing accidents.
Results of this research concludes that occupational health and safety policies on the production of PT. Djitoe Indonesia Tobako are not yet fully effective. The research concludes that the factor influencing accident in the PT. Djitoe Indonesia Tobako are; (1) the employment situation, (2) the misunderstanding, (3) the insecure action.
Keywords: Implementation, Policy, Health and Safety Work, Law, Domino Effect.
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah mengatahui bagaimana implementasi kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja di PT. Djitoe Indonesia Tobako. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui faktor – faktor yang menyebabkan timbulnya masalah ketika kebijakan tersebut diterapkan di bagian produksi rokok sigarete kretek mesin.
Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan membandingkan implementasi kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja PT. Djitoe Indonesia Tobako dan undang-undang keselamatan dan kesehatan kerja yang berlaku. Analisis data juga dilakukan dengan menggunakan domino effect dari teori domino H.W. Heinrich untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebab kecelakaan kerja.
Hasil dari analisis data dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja pada bagian produksi PT. Djitoe Indonesia Tobako belum sepenuhnya efektif.  Analisis data dalam penelitian ini juga menyimpulkan bahwa kecelakaan kerja dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu: (1)situasi kerja, (2) kesalahan orang, (3) tindakan tidak aman.
Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Undang-undang, Domino Effect.