Abstrak


Pengaruh variasi konsentrasi primojel® sebagai superdisintegrant terhadap sifat fisik fast disintegrating tablet meloksikam dalam kompleks inklusi ß-siklodekstrin


Oleh :
Ayu Ovita Wulan Winanti - M3512005 - Fak. MIPA

Meloksikam merupakan obat golongan NSAID yang praktis tidak larut dalam air sehingga perlu ditingkatkan kelarutannya dengan kompleks inklusi ß-siklodekstrin. Kompleks inklusi ß-siklodekstrin dapat meningkatkan kelarutan serta memiliki kemampuan sebagai taste masking untuk menutupi rasa pahit dari meloksikam. Meloksikam digunakan untuk mengobati osteoarthritis dan rheumatoid arthritis yang membutuhkan terapi dengan aksi yang cepat, sehingga cocok untuk dibuat sediaan fast disintegrating tablet (FDT). Formulasi FDT memerlukan superdisintergrant untuk mempercepat tablet hancur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi Primojel® sebagai superdisintergrant terhadap sifat fisik FDT meloksikam dalam kompleks inklusi ß-siklodekstrin.
Kompleks inklusi meloksikam dalam ß-siklodekstrin dibuat melalui metode spray drying dengan perbandingan meloksikam: ß-siklodekstrin 1:3 molar. Pembuatan tablet mengunakan metode kempa langsung dengan Primojel® sebagai variabel bebas dan dibuat 3 variasi formula yaitu Primojel® 2% (F1), Primojel® 6% (F2), dan Primojel® 10% (F3). Hasil uji sifat fisik dianalisa menggunakan uji ANOVA dengan taraf kepercayaan 95%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsentrasi Primojel® hingga 6% dapat menurunkan kerapuhan tablet, menurunkan waktu pembasahan, menurunkan waktu hancur in vivo, dan meningkatkan jumlah pelepasan obat. Sedangkan penggunaan Primojel® lebih dari 6% akan meningkatkan kerapuhan, meningkatkan waktu pembasahan, meningkatkan waktu hancur (in vivo dan in vitro), serta menurunkan jumlah pelepasan obat.
Kata kunci : meloksikam, kompleks inklusi ß-siklodekstrin, Primojel ®, dan sifat fisik.