Abstrak


Penggunaan teknik make a match dengan media flashcard dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bilangan romawi pada siswa kelas iv sdn 2 Kebumen tahun ajaran 2014/2015


Oleh :
Yan Aftariawan - K7111546 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan teknik Make a Match dengan media flashcard, (2) untuk meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan Romawi melalui penggunaan teknik Make a Match dengan media flashcard, (3) untuk menemukan kendala dan solusi penggunaan teknik Make a Match dengan media flashcard dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang bilangan Romawi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus dua pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kebumen yang berjumlah 24 siswa. Sumber data berasal dari siswa kelas IV, guru kelas IV, observer, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian penggunaan teknik Make a Match dengan media flashcard dengan langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan Romawi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: (a) menyampaikan materi dengan media flashcard, (b) menyampaikan aturan permainan dengan media flashcard, (c) membagi flashcard, (d) membagi kelompok dengan media flashcard, (e) mencari pasangan flashcard, (f) memberi poin, dan (g) membuat kesimpulan. Penggunaan teknik Make a Match dengan media flashcard dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan Romawi pada siswa kelas IV SDN 2 Kebumen tahun ajaran 2014/2015. Terbukti dari persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 85,42%, siklus II sebesar 87,50%, siklus III sebesar 89,59%. Kendala penggunaan teknik Make a Match dengan media flashcard dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang bilangan Romawi yaitu: (a) guru sering lupa memberikan batasan waktu mencari pasangan, (b) guru kesulitan menguasai kelas sehingga siswa menjadi gaduh, (c) siswa enggan berpasangan dengan lawan jenis, dan (d) siswa kurang serius ketika melaksanakan presentasi. Solusinya yaitu: (a) guru lebih menguasai permainan mencari pasangan agar tidak lupa memberikan batasan waktu, (b) guru tegas dalam mengarahkan siswa agar dapat menguasai kelas, (c) siswa diberi tanggung jawab untuk dapat bekerjasama dengan lawan jenis, dan (d) siswa dibimbing untuk melaksanakan presentasi dengan sungguh-sungguh.
Simpulan penelitian ini yaitu penggunaan teknik Make a Match dengan media flashcard dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan Romawi pada siswa kelas IV SDN 2 Kebumen tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: Make a Match, flashcard, Matematika SD