;

Abstrak


Faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan anggaran belanja pemerintah daerah: proses pengadaan barang/jasa (Studi atas Persepsi pada Pegawai Bersertifikat Pengadaan Barang/Jasa di Pemerintah Kota Tegal)


Oleh :
Purtanto - S431308037 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Komitmen Manajemen, Perencanaan, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Monitoring dan Evaluasi, dan Lingkungan Eksternal terhadap Penyerapan Anggaran terkait Pengadaan Barang/Jasa. Latar belakang penelitian ini karena menumpuknya belanja barang/jasa dan belanja modal di akhir tahun anggaran. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai bersertifikat ahli pengadaan barang/jasa pemerintah pada Pemerintah Kota Tegal yang berjumlah 180 orang, sedangkan sampelnya diambil secara acak berjumlah 98 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen manajemen dan perencanaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan anggaran terkait pengadaan barang/jasa. Monitoring dan evaluasi berpengaruh positif namun kurang signifikan, kompetensi sumber daya manusia tidak berpengaruh positif, dan pengaruh lingkungan eksternal kurang signifikan terhadap penyerapan anggaran terkait pengadaan barang/jasa. Implikasi dari penelitian ini agar pengambil kebijakan pada pemerintah daerah lebih mengoptimalkan monitoring dan evaluasi untuk peningkatan penyerapan anggaran.
Kata kunci: penyerapan anggaran, pengadaan barang/jasa