Abstrak


Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Terhadap Akuisisi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2005-2012


Oleh :
Bayu Prananto - F1212014 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Dalam penelitian ini judul yang diambil adalah “ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP AKUISISI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2005-2012”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak aksi perusahaan dalam melakukan akuisisi terhadap kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi dengan pertimbangan sinergi yang diharapkan dapat terlihat dalam jangka waktu satu sampai tiga tahun sebelum dan sesudah akuisisi.
Penelitian ini dilakukan untuk menguji variabel konvergensi Akisisi (T) terhadap kinerja keuangan yang diproksi dengan GPM, OPM, NPM, ROA dan ROE. Faktor yang diduga berpengaruh serta digunakan dalam penelitian ini sebagai variabel kontrol antara lain size, leverage dan growth sale. Penelitian ini menggunakan variabel akusisi untuk mengukur perbedaan kinerja keuangan dua tahun sebelum akusisi dan dua tahun setelah akuisisi dengan menggunakan dummy variabel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 14 perusahaan yang sudah listing di BEI periode 2008 sampai dengan 2013.
Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Akusisi pada Model 1 sampai model 5 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kierja keuangan yang diproksi dengan GPM, OPM, NPM, ROA dan ROE. Variabel kontrol yaitu leverage pada model 4 dan model 5 berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan ROA dan ROE.


Kata kunci : akuisisi, kinerja keuangan, GPM, NPM, OPM, ROA dan ROE