Abstrak


Penerapan Model Think, Talk, And Write (Ttw) Dengan Multimedia Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV Sd Negeri Mangli Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Warrifadati Gita Mulyati - K7112266 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) menerapkan model Think, Talk and Write (TTW) dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPS tentang perkembangan teknologi; (2) meningkatkan pembelajaran IPS tentang perkembangan teknologi melalui model Think, Talk and Write dengan multimedia; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Think, Talk and Write dengan multimedia.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mangli yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik penggumpulan data melalui tes, observasi, wawancara,dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi data. Analisis data menggunakan deskritif kualitatif dan statistik kuantitatif.
Hasil penelitian ini yaitu (1) penerapan model Think, Talk and Write dengan multimedia dilaksanakan dengan langkah yang tepat yaitu penyajian materi dengan multimedia, pembagian LKS pada setiap siswa, tahap think, pembentukan kelompok, tahap talk, tahap write, penyajian hasil diskusi oleh perwakilan kelompok dan penarikan kesimpulan dengan pencapaian presentase pelaksanaan oleh guru pada siklus I 78,46%, siklus II 87,15%, siklus III 92% dan pelaksanaan oleh siswa pada siklus I 76,73%, siklus II 86,45%, siklus III 90,96%; (2) penerapan model Think, Talk and Write dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Mangli tahun ajaran 2015/2016. Peningkatan proses yaitu pada siklus I 70,36%, siklus II 84,99% dan siklus III 87,09%. Adapun hasil belajar siswa yaitu pada siklus I 73,70%, siklus II 88,33%, siklus III 91,93% dan; (3) kendala dalam penelitian ini adalah kegiatan diskusi berjalan kurang efektif dan siswa kurang percaya diri dalam menyampaikan hasil diskusi. Solusi dari kendala tersebut yaitu guru mendorong siswa untuk mengungkapkan pendapatnya selama kegiatan diskusi dan memotivasi siswa untuk lebih percaya diri untuk menyajikan hasil diskusinya.
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Think, Talk and Write (TTW) dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Mangli tahun 2015/2016.


Kata kunci : model Think, Talk and Write, multimedia, pembelajaran IPS.