Abstrak


Cerita Mistik Dalam Majalah Anak (Studi Kualitatif pada Cerita-Cerita Misteri Majalah Bobo Periode Maret 2015 - Maret 2016)


Oleh :
Al Muwafiqi Imaduddin - D1212007 - Fak. ISIP

Cerita pendek dalam majalah anak baik itu bergambar maupun tidak, adalah suatu media sebagai sumber informasi dan hiburan tersendiri bagi anak-anak, termasuk di dalamnya adalah cerita misteri. Cerita misteri yang cenderung identik dengan hal mistik akan memiliki dampak psikologis terhadap anak mengenai fantasi tentang rasa takut yang berlebih.
Dalam penelitian ini menjelaskan bagaimana Majalah Bobo menyampaikan pesan cerita mistik pada cerita-cerita misteri berdasarkan unsur penokohan, alur cerita, dan latar, seperti yang dikemukakan oleh Burhan (2012) serta berdasarkan kata-kata, dan visualisasi cerita. Adapun teori-teori pendukung yang digunakan yaitu Teori Analisis Isi Sarana Tanda yang dibedah menggunakan Teori Pengkajian Fiksi.
Metodologi penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah artikel-artikel misteri pada Majalah Bobo. Sampel dalam penelitian ini adalah dokumentasi artikel-artikel misteri Majalah Bobo periode Maret 2015 – Maret 2016.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa mayoritas cerita misteri yang disajikan Majalah Bobo adalah cerita mistik yang cenderung menonjolkan karakter ketakutan pada setiap tokoh dalam cerita-cerita tersebut. Kata yang dipilih banyak mengandung konten-konten mistik seperti hantu, bau khas yang menakutkan, makam, dan sosok-sosok misterius yang tidak dijelaskan dalam cerita. Visualisasi yang menggambarkan rasa takut menambah kuat karakter ketakutan yang dibangun dalam cerita misteri Majalah Bobo.
Kata kunci: Pesan dalam Majalah Anak, Cerita Pendek, Cerita Misteri, dan Cerita Mistik