Abstrak


Evaluasi Sistem Pemungutan Dan Pelayanan Persampahan Kota Surakarta Pada Sektor Usaha Dan Sektor Rumah Tangga


Oleh :
Tyta Varantika Kusumarani - F3413076 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ASBTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui  pelaksanaan  pemungutan RPP/K  di Kota Surakarta,mengetahui analisis target dan realisasi penerimaan RPP/K  pada sektor usaha dan sektor rumah tangga dari tahun 2013 sampai tahun 2015,mengetahui berbagai macam kendala dan hambatan dalam proses pemungutan RPP/K dan juga untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam rangka mengatasi permasalahan dalam pemungutan RPP/K.

Dalam  melakukan  penulisan  tugas akhir ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara observasi,wawancara,studi pustaka,dan penyebaran kuisioner.Penulis mengambil populasi di kec.jebres surakarta tepatnya di kelurahan jebres karena penduduknya yang terbilang padat sehingga yang bisa dijadikan sebagai subyek RPP/K pun juga banyak.

Setelah dilakukan wawancara dengan pihak kelurahan maupun kuisioner yang disebarkan kepada sejumlah WR, penulis menemukan beberapa temuan terkait pemungutan RPP/K yang penerapannya belum dilaksanakan secara maksimal baik dari pihak pemungut maupun pihak yang dipungut yang juga dapat dibuktikan dari perhitungan target dan realisasi penerimaan RPP/K yang pada kenyataanya realisasi penerimaan masih jauh dibawah target yang telah ditetapkan.

Dari hasil penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa banyak hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pemungutan RPP/K. Hal hal yang mendasari pelaksanaan pemungutan dari dulu hingga sekarang dirasa kurang maksimal penerimaanya karena tingkat kesadaran wajib retribusinya yang masih rendah. Namun pada kenyataanya permasalahan tidak hanya timbul dari wajib retribusinya saja namun juga dari pihak yang memungut RPP/K yang juga belum sepenuhnya menerapkan peraturan daerah yang sudah ditetapkan.

Kata kunci : Wajib Retribusi, Pemungutan RPP/K, Pelayananan RPP/K,