;

Abstrak


Keterkaitan Antara Motivasi, Kepercayaan, Norma Subyektif, Sikap Dan Niat Untuk Berbagi Pengetahuan (Studi pada Guru SMP Muhammadiyah dan MTs Muhammadiyah se-Kabupaten Sukoharjo)


Oleh :
Tantri Yustina - S411408028 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK 

Penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi ekstrinsik, motivasi instrinsik, norma subyektif, kepercayaan, dan sikap terhadap niat untuk berbagi pengetahuan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan mengambil sampel di SMP Muhammadiyah dan MTs Muhammadiyah se-Kabupaten Sukoharjo dengan jumlah sampel 200 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan diuji menggunakan model persamaan struktural/structural equation modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsik tidak berpengaruh pada niat untuk berbagi pengetahuan, motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsik berpengaruh pada sikap dan kepercayaan, kepercayaan dan norma subyektif berpengaruh pada sikap, dan kepercayaan, sikap, dan norma subyektif berpengaruh pada niat untuk berbagi pengetahuan.

 

Kata kunci: Motivasi Ekstrinsik, Motivasi Instrinsik, Norma Subyektif, Kepercayaan, dan Sikap Terhadap Niat untuk Berbagi Pengetahuan