Abstrak


Penerapan Corporate Social Responsibility Pada PT. Askrindo (Persero) Cabang Surakarta


Oleh :
Claudya Vidi N - F3513020 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

 

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah jiwa perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis yang mencakup citra perusahaan, promosi, meningkatkan penjualan, membangun percaya diri, loyalitas karyawan serta keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Corporate Social Responsibility pada PT. Askrindo (Persero) Cabang Surakarta.

Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap obyek penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari informan utama. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah PT. Askrindo (Persero) Cabang Surakarta melaksanakan program CSR dibidang pendidikan yaitu pemberian beasiswa dan magang. CSR dibidang kesehatan yaitu donor darah. CSR dibidang sosial yaitu memberikan santunan kepada yatim piatu dan dhuafa dan memberikan bantuan kepada korban bencana alam. CSR dibidang lingkungan yaitu produksi bersih, kantor ramah lingkungan, dan pendidikan lingkungan hidup. Program CSR ini dapat dilakukan secara terus menerus setiap tahun karena adanya komitmen manajamen ditunjukkan dengan penyediaan sumber daya manusia dan sumber daya finansial bagi pelaksanaan CSR.

Saran yang diberikan bagi manajemen perusahaan adalah perlu memperluas wilayah kegiatan CSR serta adanya evaluasi pada kegiatan CSR dibidang lingkungan agar program CSR dapat diterapkan dengan baik.

Kata kunci: Corporate Social Resposibility, CSR, tanggung jawab sosial