Abstrak


Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fraud DFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fraud Di Sektor Pemerintah (Studi Kasus Pada Pegawai Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah)i Sektor Pemerintah (Studi Kasus Pada Pegawai Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah)


Oleh :
Mochammad Riza Hari Mukti - F1314060 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini meneliti pengaruh dari keadilan kompensasi, gaya kepemimpinan, sistem pengendalian internal dan etika organisasi terhadap fraud di sektor pemerintah. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah fraud di sektor pemerintah, sedangkan variabel independen yang digunakan adalah keadilan kompensasi, gaya kepemimpinan, sistem pengendalian internal dan etika organisasi.

Populasi penelitian ini adalah pegawai negeri sipil yang bekerja pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Tengah. Teknik sampling menggunakan stratified random sampling dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS. Data penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebar pada responden yang bekerja pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Tengah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari keempat faktor yaitu keadilan kompensasi, gaya kepemimpinan, sistem pengendalian internal dan etika organisasi terhadap fraud di sektor pemerintah ketika diuji simultan. Sedangkan dalam pengujian parsial, variabel berupa keadilan kompensasi, sistem pengendalian internal, dan etika organisasi berpengaruh terhadap fraud di sektor pemerintah, sedangkan variabel berupa gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap fraud di sektor pemerintah.

 

Kata kunci: keadilan kompensasi, gaya kepemimpinan, sistem pengendalian internal, etika organisasi, fraud di sektor pemerintah.