;

Abstrak


Pengelolaan Olahraga Atletik Lari Jarak Jauh 10.000 Meter sebagai Nomor Olahraga Andalan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (Studi Kasus Aspek Pengelolaan Organisasi Dan Pelaksanaan Manajemen Pembinaan Di PASI NTT)


Oleh :
Yanuarius Ricardus Natal - A121408039 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK
Pengelolaan Olahraga Atletik Lari Jarak Jauh 10.000 Meter Sebagai Nomor Olahraga Andalan Di Provinsi Nusa Tenggara Timur (Studi Kasus Aspek Pengelolaan Organisasi Dan Pelaksanaan Manajemen Di PASI NTT) Tujuan utama dari penelitian ini adalah:1) Mendeskripsikan sistem pengelolaan organisasi dalam pembinaan olahraga atletik lari jarak jauh 10.000 meter sebagai nomor andalan di Provinsi NTT. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan manajemen olahraga atletik lari jarak jauh 10.000 meter sebagai nomor andalan di Provinsi NTT. 
Penelitian ini dilakukan di Persatuan Atletik Seluruh Indonesia Provinsi (PASI) Nusa Tenggara Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumen pencatatan. Teknik validitas yang digunakan adalah teknik trianggulasi.. Teknik analisis data yang digunakan adalah  analisis model interaktif melalui tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. 
Hasil penelitian : 1) Sistem pengelolaan organisasi olahraga atletik lari jarak jauh 10.000 meter sebagai nomor olahraga andalan di provinsi NTT dalam penyelenggaraanya telah dilaksanakan oleh PASI,yang terdiri atas pengelolaan sumber daya manusia organisasi (pengurus, pelatih, atlet dan atlet gizi), pengelolaan kesekretariatan, pengelolaan sarana dan prasarana, serta pengelolaan dana, namun masih mengalami beberapa kendala-kendala teknis yang berkaitan dengan minimnya alokasi dana yang mempengaruhi secara langsung terhadap proses kegiatan kerja dari organisasi ini 2) Pelaksanaan manajemen pembinaan olahraga atletik lari jarak jauh 10.000 meter sebagai nomor olahraga andalan di provinsi NTT dalam implementasinya terdiri atas pelaksanaan fungsi perencanaan, organizing, actuating, controlling dan evaluating, yang juga masih membutuhkan pembenahan yakni pemilihan serta penempatan pengurus ke dalam bidang-bidang tugas yang belum sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. 
Kesimpulan 1) Sistem pengelolaan organisasi olahraga atletik lari jarak jauh 10.000 meter sebagai nomor olahraga andalan di provinsi NTT meski secara sistem sudah dilaksanakan, namun masih mengalami beberapa kendala-kendala yang mempengaruhi secara langsung terhadap proses kegiatan kerja dari organisasi ini. Kendala-kendala yang dimaksud antara lain berkaitan dengan alokasi dana pembinaan yag masih sangat terbatas. 2) Pelaksanaan manajemen pembinaan olahraga atletik lari jarak jauh 10.000 meter sebagai nomor olahraga andalan di provinsi NTT telah dilaksanakan dengan baik oleh PASI NTT, namun membutuhkan pembenahan terkait penempatan pengurus yang belum sesuai dengan bidang keahliannya. 

Kata Kunci    : Pengelolaan Organisasi, Pelaksanaan Manajemen, PASI NTT, Nomor Andalan Lari 10.000 Meter.