Abstrak


Tugas Humas Bagian Pemberitaan Media Massa (PMM) Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo


Oleh :
Anwas Damar Artiko - D1613006 - Fak. ISIP

ABSTRAK 

Anwas Damar Artiko, D1613006, Hubungan Masyarakat, Tugas Humas Bagian Pemberitaan Media Massa (PMM) Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo, 2016. 
 Dalam melaksanakan KKM penulis tertarik untuk bergabung dan bekerjasama dengan Bagian Humas Kabupaten Sukoharjo, karena penulis tertarik dan mempunyai rasa ingin tahu tentang pekerjaan apa saja yang dilakukan oleh Humas Pemerintahan dan apa perbedaannya dengan Humas di lembaga atau intansi selain pemerintahan. Karena hal itu penulis sangat tertarik untuk bergabung di pemerintahan daerah ini supaya dapat mengaplikasikan secara langsung teori-teori dan praktek public relations yang penulis dapatkan pada saat perkuliahan. 
 Peranan praktisi public relations dalam organisasi merupakan salah satu kunci untuk pengembangan dan pencapaian profesional dalam public relations. Salah satu peran public relations adalah sebagai fasilitator communication, dimana praktisi public relations sebagai komunikator atau mediator untuk membantu pihak organisasi dalam mendengar dan menyampaikan apa saja yang diinginkan dan diharapkan oleh publik internal dan publik eksternal sekaligus harus mampu menjelaskan kembali kegiatan, kebijakan dan harapan organisasi kepada publiknya. Dalam pelaksanaan KKM ini penulis banyak memperoleh pengalaman khususnya dalam ilmu public relations di bagian pemerintahan. Selama 2 bulan penulis berkesempatan untuk belajar mengenai tugas-tugas Humas Bagian Pemberitaan Media Massa khususnya dalam media relations, media monitoring, dan penyebaran informasi yang membuat penulis menjadi lebih mengerti bagaimana mengaplikasikan ilmu tentang public relations yang penulis dapatkan diperkuliahan kedalam instansi atau organisasi secara langsung. 
 Peran penulis pada saat melaksanakan KKM adalah menjadi bagian dari Humas Pemberitaan Media Massa yang mempunyai tugas seperti membuat press release, kliping media untuk informasi mengenai berita tentang Sukoharjo, analisis media sebagai monitoring media setiap harinya untuk menjaga citra, mengolah sosial media untuk kepentingan pemberian informasi kepada publik, dan menjaga hubungan baik dengan media. 
 Salah satu peran public relations adalah sebagai fasilitator communication, dimana praktisi public relations sebagai komunikator atau mediator untuk membantu pihak organisasi dalam mendengar dan menyampaikan apa saja yang diinginkan dan diharapkan oleh publik internal dan publik eksternal. Oleh karena itu melalui fasilitator communication Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo akan lebih mudah mengetahui keinginan publiknya terhadap instansi. Sebagai pemerintahan yang menjadi panutan masyarakat, seharusnya lebih cepat dan jelas dalam kegiatan menyampaikan informasi yang tepat dan jelas kepada seluruh masyarakat dan menjadi wadah semua aspirasi masyarakat.  


Kata Kunci : tugas humas pemerintahan dalam menjaga hubungan baik.