Abstrak


Pengembangan Buku Teks Bahasa Inggris Kebidanan dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning pada Program Studi Kebidanan Politeknik Kesehatan, Kementerian Kesehatan Se-Jawa Timur


Oleh :
Dwi Setiyadi - T120306004 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memenuhi kebutuhan buku teks sebagai materi pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan konteks pembelajaran mahasiswa program studi kebidanan. Penelitian pengembangan buku teks ini dilaksanakan berdasarkan pada kelemahan-kelemahan yang terdapat pada materi ajar yang ada pada saat ini, sperti: pertama, topik pembelajaran tidak relevan dengan disiplin ilmu, perawatan dan praktik kebidanan; kedua, materi ajar bersifat artifisial yang dirancang khusus untuk pembelajaran bahasa Inggris; ketiga, metode pembelajaran didominasi dengan metode audiolingual. Sejalan dengan karakteristik buku teks yang digunakan dalam pembelajaran saat ini, ada beberapa praktik pembelajaran yang perlu untuk dikembangkan, yaitu semangat mahasiswa yang rendah untuk mempraktikkan keterampilan berbahasa karena merasa takut membuat kesalahan; teknik pembelajaran yang kurang menyenangkan sehingga menghalangi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya secara optimal, meskipun semua setuju bahwa bahasa Inggris dianggap penting untuk dipelajari. Pertimabngan-pertimbangan itulah yang digunakan peneliti untuk mengembangkan buku teks, materi pembelajaran, yang diharapkan akan mampu mengurangi ketidakefektifan pembalajaran bahasa Inggris melalui Riset dan Pengembangan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (Borg dan Gall, 1979) yang terbagi dalam empat tahapan, yaitu: pertama, tahap eksplorasi untuk mendapatkan informasi tentang permasalahan terkait dengan ketidakefektifan pembelajaran bahasa Inggris. Kedua, tahap pengembangan, yang mencakup pengembangan proto-model buku teks bahasa Inggris kebidanan. Ketiga, tahap pengujian yang dilakukan dengan uji efektivitas di seluruh program studi kebidanan se Jawa timur. Empat, tahap deseminasi yang digunakan untuk memperkenalkan dan penggunaan buku teks di seluruh program studi kebidanan se Jawa timur melalui penerbitan.
Model yang dikembangkan bisa diulas sebagai berikut: satu, aktivitas pembelajaran yang disarankan dengan buku teks model meliputi strategi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual, yang terdiri dari: constructivism, inquiry, quetioning, learning community, modelling, reflection dan authentic assessment. Dua, teknik-teknik pembelajaran yang bisa dikembangkan dalam buku teks meliputi: belajar mandiri, berpasangan, diskusi kelompok, presentasi, konferensi, demonstrasi dan pengembangan diri. Tugas-tugas pembelajaran meliputi: reading comprehension, vocabulary building, writing, grammar dan speaking. Empat, buku teks model menghendaki dosen untuk merancang pembelajaran bahasa Inggris agar terjadinya pembelajaran dengan pendekatan kontekstual.
Kata Kunci: Bahasa Inggris Kebidanan, Pengembangan buku teks, Contextual Teaching and Learning.