Abstrak


Pengaruh Atribut Inovasi Perbankan Terhadap Adopsi Internet Banking


Oleh :
Mahendra Setya Hutama - F0212068 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi variabel persepsi kemudahan, persepsi resiko keuangan, kesesuaian, persepsi keunggulan, kualitas informasi dan bimbingan oleh bank atas hubungan nasabah pada bank yang menggunakan atau mengadopsi jasa inovasi dibidang finansial yaitu internet banking. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan bukti empiris pengaruh variabel persepsi kemudahan, persepsi resiko keuangan, kesesuaian, persepsi keunggulan, kualitas informasi dan bimbingan oleh bank terhadap adopsi internet banking pada pengguna internet banking di wilayah kota Surakarta.

 

Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda, software yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 16.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh atribut inovasi perbankan terhadap adopsi internet banking menunjukkan hasil yang beragam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesesuaian, persepsi kemanfaatan, dan informasi dan bimbingan oleh bank berpengaruh secara signifikan terhadap adopsi internet banking sedangkan pengaruh variabel persepsi kemudahan, persepsi resiko keuangan terhadap adopsi internet banking menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan.

 

 

Kata Kunci: Adoption of internet banking, Internet Banking, Financial Inovation