Abstrak


Analisis Kapasitas Lentur Balok Beton Tulangan Bambu Ori Takikan Tipe U Takikan Jarak 5 Cm Pada Lebar 1 Cm dan 2 Cm Terhadap Tulangan Baja


Oleh :
Shendy Nurcahyo P - I1112083 - Fak. Teknik

Seiring  dengan  semakin  pesatnya  pertumbuhan  penduduk  maka  kebutuhan  penggunaan  beton  bertulang  sebagai komponen utama dalam pembangunan perumahan akan semakin meningkat pula. Salah satu bahan utama dari beton adalah tulangan baja. Tulangan baja ini dibentuk dan diproduksi menggunakan bahan mentah utamanya berupa bijih besi,  yang  ketersediaan di  alam memiliki batas, dikarenakan unsur bahan mentah bijih besi  ini merupakan bahan tambang yang  tidak dapat diperbaharui. Oleh  sebab  itulah perlu diupayakan mencari  alternatif baru pengganti  tulangan baja pada beton. Adapun  alternatif  lain  sebagai  pengganti  tulangan  beton  tersebut,  diantaranya  adalah  bambu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis berapa kapasitas lentur balok beton bertulangan bambu ori takikan tipe ”u” dengan jarak takikan 10 cm pada lebar takikan 1 cm dan 2 cm.

Metode dalam penelitian ini adalah eksperimental laboratorium. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan total benda uji 15 buah. Benda uji yang digunakan adalah balok beton berukuran 110 x 150 x 1700 mm. Lima buah menggunakan tulangan baja, 10 buah menggunakan tulangan bambu ori dengan dimensi 1650 x 20 x 5,2 mm menggunakan takikan tipe “U” dengan jarak takikan 10 cm pada lebar takikan 1 cm dan 2 cm. Uji lentur dilakukan pada umur 28 hari dengan metode three point loading.

Ditinjau dari kapasitas lenturnya, momen hasil pengujian balok bertulangan bambu ori takikan tipe U dengan jarak takikan 5 cm lebar 10 mm setara 62,55% sedangkan balok bertulangan bambu ori takikan tipe U dengan jarak takikan 5 cm lebar 20 mm pun setara 59,05 % terhadap balok dengan tulangan baja polos diameter 8 mm. Pola keruntuhan pada balok beton dengan tulangan baja maupun pada balok beton dengan tulangan bambu ori tipe ”u” dengan jarak takikan 10 cm pada lebar takikan 1 cm dan 2 cm terletak antara 1/3 bentang tengah. Keruntuhan yang demikian termasuk dalam keruntuhan lentur.

Kata kunci : Kapasitas Lentur, Tulangan, Bambu Ori, Beton normal.